Headlines News :
Home » » Dinas Damkar DKI Siagakan 3.600 Personil Antisipasi Banjir

Dinas Damkar DKI Siagakan 3.600 Personil Antisipasi Banjir

Written By mas_eko_keren on Kamis, 24 November 2011 | 11.15

JAKARTA - Tak hanya Satpol PP DKI yang bersiap menghadapi kemungkinan banjir di musim penghujan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI turut bersiap menghadapi bencana musiman kota Jakarta tersebut. Setidaknya, ada 3.600 personil yang disiagakan selama 24 jam untuk antisipasi di titik rawan banjir.

Kadis Damkar dan PB DKI, Paimin Napitupulu, mengatakan pihaknya mempunyai armada sebanyak 300 unit. Dari 300 unit tersebut, 75 persen diantaranya masih bagus dan layak jalan, sementara yang 25 persennya sedang dalam perbaikan.

"Kami juga sudah mendistribusikan peralatan di berbagai lokasi rawan banjir. Sebanyak 3.600 personel akan kita tempatkan bergantian selama 24 jam di titik-titik rawan banjir," ujar Paimin, Rabu (23/11/2011) di kantor Dinas Damkar dan PB DKI.

Sementara itu, Gubernur DKI Fauzi Bowo menuturkan bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja termasuk banjir. Menurutnya perubahan iklim global telah memicu terjadinya beragam bencana di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. "Jalan terbaik yang harus dilakukan oleh semua pihak yakni meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan. Koordinasi juga penting dalam manajemen penanggulangan bencana. Karena dampak bencana yang ditimbulkan tidak bersifat lintas daerah, melainkan juga lintas negara dan lintas kawasan," ucapnya.

Foke menambahkan, sejumlah program penanggulangan banjir termasuk Banjir Kanal Timur (BKT) telah berjalan cukup baik. Menurutnya kondisi tersebut terlihat dari jumlah titik genangan di Jakarta yang berkurang dari 78 titik pada tahun 2007 menjadi 62 titik di tahun 2011.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah