Headlines News :
Home » , , » Dinas Pendidikan Gresik Belum cairkan Dana Jasmas

Dinas Pendidikan Gresik Belum cairkan Dana Jasmas

Written By mas_eko_keren on Senin, 28 November 2011 | 17.14

GRESIK- Dinas Pendidikan (Dindik) Gresik belum mencairkan dana Jasmas untuk dukungan dana rehabilitasi sekolah hingga akhir November 2011 ini.

Dindik beralasan kewalahan mengatur proses pencairan dana yang dianggarkan dalam APBD 2011 itu.

Mereka berjanji akan menyelesaikan proses pencairan setelah anggota DPRD Gresik memberi teguran, Senin (28/11/2011).

Dana Jasmas untuk bidang Pendidikan mendapat jatah anggaran senilai Rp 11 miliar. Dana sebesar itu rencananya akan dibagikan pada lembaga pendidikan mulai setingkat TK hingga jenjang SMA.

Berdasarkan data Komisi D DPRD Gresik, lembaga setingkat PAUD atau TK/RA/TPA masing-masing akan menerima bantuan senilai Rp 20 juta.

Untuk lembaga pendidikan setingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah akan menerima masing-masing Rp 40 juta. Lembaga SMP atau Madrasah Tsanawiyah akan menerima Rp. 50 juta dan lembaga tingkat SMA/Aliyah akan menerima bantuan Rp 60 juta.

Ketua Komisi D DPRD Chumaidi Ma’un menyatakan, bantuan dana Jasmas terancam hangus jika pada tenggat waktu yang ditetapkan belum juga dicairkan.

Batas waktu terakhir pencairan dana Jasmas ditetapkan pada 15 Desember.

“Kami mempertanyakan mengapa samapi sekarang proses pencairan belum dilakukan? kalau sampai 16 Desember belum cair berarti lembaga-lemabga itu harus menunggu sampai periode tahun depan lagi untuk mengajukan bantuan,” ujar Chumaidi.

Sementara itu Kadindik Gresik Wanda Metini Hariej mengakui jika hingga Senin (28/11) belum ada satu lembaga pendidikan pun yang sudah mendapat pencairan dana bantuan Jasmas. Ia menyebut proses pencairan berjalan lambat karena tim Dindik harus melakukan verifikasi dan monitoring langsung ke sekolah-sekolah yang mengajukan bantuan.
“Ada 523 lembaga yang perlu di monitoring sedangkan anggota tim kami tidak sampai sepuluh orang, perlu waktu untuk melakukan monitoring langsung,” ungkap Wanda, Senin (28/11).

Wanda berjanji akan menuntaskan pencairan dana bantuan Jasmas sebelum batas waktu.
“Sekarang masih terus proses, Rabu besok diharapkan tandatangan Mou pencairan sudah selesai dan pecairan bias dilakukan sebelum tanggal 15 Desember,” tambah Wanda.

Beberapa pengelola lembaga pendidikan yang mengajukan bantuan dana Jasmas mengaku tidak tahu-menahu mengapa Dindik begitu lambat menjalankan proses pencairan dana Jasmas.
tr
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah