Headlines News :
Home » , » Irigasi Ambruk Ancam Gagal Panen

Irigasi Ambruk Ancam Gagal Panen

Written By mas_eko_keren on Jumat, 25 November 2011 | 16.34


Tenjolaya - Saluran irigasi yang ambruk akibat tergerus longsor beberapa waktu lalu di Kampung Tapos Udik RT 03/01, Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, belum diperbaiki. Padahal, selain dua rumah terancam ambruk, 177 hektar lahan persawahan terancam gagal panen satu bulan ke depan akibat krisis air.
Lahan pesawahan milik petani yang terancam krisis air berada di tiga desa, yakni Desa Tapos I, Tapos 11, dan Desa Cibitung. “Untuk mengantisipasi krisis air, kami secara swadaya membuat saluran air yang dialiri ke lahan pesawahan menggunakan pipa,” kata Marna, petani Desa Tapos I, Kamis (24/11).
Menurut Marna, air yang disalurkan dengan menggunakan pipa kecil hanya mengairi sebagian pesawahan saja, sebab air yang mengalir tak sebanding dengan luasnya lahan. “Untung saja sekarang musim hujan, jadi lahan pesawahan bisa selamat dari gagal panen,” terangnya.
Soleh, warga lainnya, mengaku was-was jika hujan, sebab rumahnya terancam ambruk akibat tergerus longsoran. “Setiap hujan kami merasa was-was. Bahkan, jika air sedang besar suka terdengar bunyi gemuruh. Saat itu kami suka ketakutan longsor kembali terjadi,” tuturnya.
Soleh berharap Pemkab Bogor segera membangun turapan agar tidak terjadi timbulnya korban jiwa. “Sejak longsor kami terpaksa menggunakan ruang tamu untuk memasak, sebab dapur kami tidak bisa lagi digunakan lagi karena takut ambruk,” katanya.
Sekretaris Camat Tenjolaya, Gomo Suwargomo, membenarkan bahwa longsor selain membuat rumah warga terancam ambruk juga bisa menyebabkan 177 hektar lahan pesawahan gagal panen.
“Meski sudah dibuat talang air untuk memenuhi kebutuhan lahan pesawahan tapi itu sifatnya hanya sementara dan hanya bertahan beberapa bulan saja,” katanya.
Meski demikian, pihak pemerintah kecamatan telah mengajukan bantuan pembangunan saluran air dan turapan. “Pengajuan itu langsung mendapat respons positif, namun untuk pembangunannya tak tahu kapan akan dilakukan, karena dampaknya sangat luar biasa jika tidak segera diperbaiki,” tandasnya.jb
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah