Headlines News :
Home » , » 2012, Pemprov DKI Jakarta tak Lagi Bantu Persija dan Persitara

2012, Pemprov DKI Jakarta tak Lagi Bantu Persija dan Persitara

Written By mas_eko_keren on Kamis, 08 Desember 2011 | 16.31


MULAI tahun 2012, Pemprov DKI Jakarta menghentikan bantuan hibah kepada klub Sepakbola Persija (Jakarta) dan Persitara (Tangerang). Penggantinya, Komite Olaharga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta akan diberi anggaran Rp100 Miliar untuk membantu kedua klub sepakbola tersebut. “Kalau KONI DKI tidak diberikan bantuan dana, bagaimana prestasi olahraga Jakarta bisa meningkat. Apalagi kita punya target menjadi juara umum di PON tahun depan,” Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Ferrial Sofyan saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (7/12) di Jakarta.

Ferrial mengatakan, pemberian hibah ke Persija dan Peristara melalui dana APBD tak mungkin untuk dilakukan, sebab Kementerian Dalam Negeri melarang dana APBD untuk klub sepakbola. “Itu memang sulitnya, kasihan juga kalau tidak dibantu Kalau DPRD membantu juga berat,” katanya.

Ferrial mengatakan, dilematis bila pemerintah tak membantu mereka, sebab bila mengandalkan dana sponsor saja tidak cukup. “Memang buah simalakama, sekarang daerah mana yang tidak membantu tim sepakbola daerahnya. Kami juga ingin Persija dan Persiatara maju,” kata Ferrial.

Persija dan Persitara terakhir menerima dana hibah pada 2010. Saat itu Persija menerima sebesar Rp20 miliar, sedangkan Persitara sebesar Rp1 miliar.

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No 22/2011 tentang Pedoman Penyusunan APBD, tak menyebutkan secara persis larangan dana APBD untuk klub-klub sepakbola daerah. Hanya disebutkan, pendanaan untuk organisasi cabang olahraga profesional tidak dianggarkan dalam APBD, karena menjadi tanggung jawab induk organisasi cabang olahraga dan/atau organisasi olahraga profesional yang bersangkutan.

Muatan lainnya, …bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga profesional dilakukan oleh induk organisasi cabang olahraga dan/atau organisasi olahraga profesional…cabang olahraga profesional adalah olahraga yang dilakukan untuk memperoleh pendapatan dalam bentuk uang atau bentuk lain yang didasarkan atas kemahiran berolahraga.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah