Headlines News :
Home » , , » 4 Polisi Tewas di Papua Selama Tahun 2011

4 Polisi Tewas di Papua Selama Tahun 2011

Written By mas_eko_keren on Senin, 05 Desember 2011 | 21.03


JUMLAH anggota Polri yang meninggal di Papua selama tahun 2011 meningkat dibandingkan dua tahun sebelumnya. Tercatat sudah 4 orang anggota Polri tewas dalam tahun ini.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution, Senin (5/12), tahun 2009 hanya 1 orang anggota Polri yang tewas. “Jumlah kekerasan yang terjadi delapan kasus, 1 orang anggota Polri tewas dan 12 orang luka-luka,” kata Saud di Mabes Polri.

Korban bukan hanya jatuh dari pihak petugas. Warga yang tewas dalam tahun itu ada 2 orang. Sementara yang luka-luka mencapai 9 orang.

Sedangkan untuk tahun 2010 memang tidak ada anggota Polri atau warga yang tewas. Namun di tahun ini, jumlah annggota Polri yang terluka mencapai angka 64 orang. “Masyarakat hanya 3 orang,” ujar Saud.

Tahun 2011 ini belum berakhir, masih menyisakan satu bulan lagi. Namun sudah 4 orang anggota Polri yang tewas. Pertama adalah Kompol Anumerta Dominggus Awes.

Dominggus tewas saat ia menjabat sebagai Kapolsek Mulia, Puncak Jaya. Saat itu Dominggus yang masih berpangkat AKP (ajun komisaris polisi) ditembak orang tak dikenal di Bandara Mulia pada 24 Oktober 2011. Ia ditembak menggunakan senjatanya sendiri yang direbut pelaku.

Selanjutnya terjadi pada 3 Desember 2011 lalu. Dua anggota Polri, Bripda Ferly dan Bripda Eko tewas sekaligus saat tengah menjemput rekannya yang sakit di salah satu pos pengamanan Tinggi Nambut.

Di perjalanan tepatnya di Kali Semen Kampung Wandinggobak Puncak Jaya Papua, rombongan dihujani tembakan oleh kelompok yang diduga Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dua orang anggota Gegana Mabes Polri ini tewas diberondong tembakan. Sementara salah seorang rekan mereka Bripda Syukur tertembak di paha.

Satu orang lagi yang tewas adalah Bripda Ridwan Napitupulu. Ridwan yang dirawat intensif sejak 1 Desember lalu menghembuskan nafasnya, Senin (5/12). Tepat pada hari ulang tahun OPM, 1 Desember lalu, ia dianiaya sekelompok orang menggunakan senjata tajam dan panah.

pada tahun 2011 ini jumlah korban luka dari pihak Polri menurut Saud berjumlah 8 orang. Sedangkan warga yang tewas berjumlah 5 orang dan 6 orang luka-luka.JN
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah