Headlines News :
Home » , » Cegah Rob, Pemda DKI Akan Perkuat Tanggul

Cegah Rob, Pemda DKI Akan Perkuat Tanggul

Written By mas_eko_keren on Senin, 05 Desember 2011 | 21.07


GUBERNUR DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, pemerintah daerah Khusus Ibu Kota Jakarta akan memperkuat tanggul guna mencegah kemungkinan dampak dari limpasan air laut (rob). Langkah tersebut, menurut Fauzi hanya bersifat sementara, sedangkan untuk jangka panjang, diperlukan konsep yang lebih komprehensif lagi.

Fauzi menjelaskan, Jumat lalu, lanjut Fauzi, sempat terjadi ketinggian limpasan air laut permukaannya sudah jauh dari biasanya, meksipun pihaknya sudah membangun tanggul yang lebih tinggi, sekitar 3 meter. Akan tetapi, pada saat ketinggian air mencapai 2,5 meter ditambah adanya angin yang kencang, maka ada lintasan air yang melampui tanggul-tanggul itu.

"Sekarang kami me-review. Untuk jangka pendek, berarti kami harus membuat tanggul lebih kuat. Kami mencoba mengontrol dan mengendalikan itu dengan berbagai langkah yang sebetulnya sudah diantisipasi sejak awal. Cuma, langkah yang kami lakukan bisa dikatakan ad hoc sifatnya. Sedangkan untuk jangka panjang, itu memerlukan konsep yang lebih komprehensif, yang sedang dalam proses perumusan," ujar Fauzi di kantor Presiden, Jakarta, Senin (5/12).

Fauzi menampik anggapan bahwa konsep yang ada saat ini kurang memadai untuk menghadapi kemungkinan terjadinya rob. Menurutnya, konsep yang ada saat ini masih memadai untuk jangka beberapa tahun mendatang. Akan tetapi, untuk mengamankan dalam kurun waktu 20 tahun kedepan, hal itu memang tidak memadai lagi.

"Harapan kita tentu, bahwa ini tidak sering terjadi. Untuk jangka panjang, tanggul yang kami persiapkan dengan ketinggian tertentu tersebut tidak tahan untuk 3 hingga 5 tahun. Oleh karena itu, perlu ada penanganan lain. Penanganan lain itu, yakni kami sudah ada masterplan penanggulangan kemungkinan terjadinya rob yang lebih besar lagi di seluruh pantai utara Jakarta," kata dia.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah