Headlines News :
Home » , » Dispensasi Akta Gratis Berakhir

Dispensasi Akta Gratis Berakhir

Written By mas_eko_keren on Sabtu, 03 Desember 2011 | 11.31


Bogor - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor, mengingatkan masyarakat yang ingin membuat akta kelahiran secara gratis untuk segera mengurus pembuatannya. Pasalnya pembuatan akta gratis akan berakhir pada 31 Desember 2011.
“Jadi bagi masyarakat yang belum mengurus segera mendaftarkan diri,” kata Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kota Bogor, Sri Ariani di Bogor, Jumat (2/12).
Sri mengatakan, program pembuatan akta kelahiran gratis bagi warga yang memiliki anak belum berumur dua bulan pada akhir 2011. Warga diberikan kesempatan untuk mengurus akta kelahiran anaknya secara gratis melalui program dispensasi pembuatan akta kelahiran yang diberikan Pemerintah Kota Bogor.
Dispensasi ini diberikan Pemerintah Kota Bogor sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri nomor 472.il/511/ssj. Surat edaran tersebut diperkuat dengan turunnya Peraturan Wali Kota (Per-wali) nomor 67/2011 tentang Perpanjangan Masa Dispensasi.
Menurut Sri, pengurusan akta kelahiran sama dengan terdahulu, yaitu warga yang belum mempunyai akta kelahiran bisa mengurus langsung ke Kantor Disdukcapil.
“Bagi yang mengurus harus membawa persyaratan seperti surat keterangan lahir dari bidan, salinan (fotocopy) nikah, salinan KK, salinan KTP, dokumen seperti ijazah dan yang paling penting yang bersangkutan harus datang dan tidak bisa dikuasakan,” katanya.
Disebutkan dia, pada 2010 lalu dispensasi ditetapkan Wali Kota Bogor melalui Peraturan Wali Kota Nomor 24/2010 tentang Dispensasi Pelayanan Akta Kelahiran.
Dengan demikian, warga Bogor yang lahir sebelum tanggal 30 Desember 2006 akhirnya bisa mendapatkan akta kelahiran tanpa harus mengurus lewat peradilan Dijelaskan, jumlah warga yang mengantongi akta kelahiran sepanjang tahun 2010 sebanyak 32.661 warga.
Sri menyebutkan, hingga akhir September jumlah akta kelahiran yang telah masuk dispensasi Wali Kota Bogor telah mencapai 10.850 orang.jb
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah