Headlines News :
Home » , , » KPK Belum Bisa Tindak PNS Kaya

KPK Belum Bisa Tindak PNS Kaya

Written By mas_eko_keren on Selasa, 06 Desember 2011 | 18.38


JAKARTA -- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan 50 persen PNS muda yang kaya terindikasi melakukan tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak segera bergerak aktif dengan menjemput data-data tersebut untuk dipelajari.

"Ya kita sangat senang kalau PPATK punya data itu. Namun, kita belum bisa bergerak untuk mempelajari apakah ada indikasi tindak pidana korupsinya sebelum laporan itu kita peroleh," kata Wakil Ketua KPK M Jasin di kantornya, Jakarta, Selasa (6/12).

Jasin mengatakan, seharusnya PPATK langsung menyerahkan data-data itu ke KPK. Pasalnya, KPK dan PPATK sudah memiliki perjanjian jika ada aliran uang masuk ke rekening PNS atau pejabat negara yang mencurigakan, maka PPATK bisa melaporkannya ke KPK.

"Nah sekarang kita belum bisa mengindikasikan ada atau tidaknya indikasi mencurigakan pada rekening PNS itu, karena belum kita kaji," kata Jasin.

Sebelumnya PPATK menyatakan 50 persen PNS muda yang kaya terindikasi melakukan tindak pidana korupsi. Indikator kaya ini dilihat dari gaya hidup mewah, kepemilikan barang mewah, dan jumlah rekening yang tidak wajar. Salah satu modus tindak korupsi ini adalah memindahkan dana APBN atau APBD ke rekening pribadinya, proyek fiktif, gratifikasi, dan suap.REPUBLIKA.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah