Headlines News :
Home » , » Perumahan Elite BPS Dibongkar Karena Tak Miliki IMB

Perumahan Elite BPS Dibongkar Karena Tak Miliki IMB

Written By mas_eko_keren on Selasa, 13 Desember 2011 | 23.28

JAKARTA - Perumahan BPS (Badan Pusat Statistik) di Jl Teluk Palu, Pondok Bambu, Durensawit, Jakarta Timur, adalah perumahan menengah yang pembangunannya sudah mencapai 60 persen. Namun karena tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bangunan-bangunan tersebut diratakan dengan tanah, Selasa (13/12/2011).

Dinas Pengawas dan Penertiban Bangunan DKI Jakarta, melakukan eksekusi terhadap bangunan tersebut karena tak memiliki izin, walau pun proses pembangunan oleh PT Nindya Karya sudah dilakukan sejak bulan Juli lalu.

Kepala Seksi Penertiban Sudin P2B Jakarta Timur, Yarneddy, mengatakan, sebelumnya surat peringatan hingga segel sudah dilayangkan, namun tidak ada itikad baik dari BPS untuk mengurus izin. Yakni SP4 pada tanggal 16 November, segel pada 17 November, dan SPB (surat perintah bongkar) pada 18 November.
Pembongkaran dilakukan untuk memberikan efek jera pada BPS. Sebab selama membangun, belum pernah ada itikad baik untuk mengurus perizinan," kayanya.

Pembongkaran baru dilakukan terhadap dua unit rumah dari total 106 rumah. Namun langkah petugas saat membongkar dihentikan oleh ratusan pekerja bangunan, yang protes.

Para pekerja mengancam akan mengamuk jika pembongkaran tidak dihentikan. Sebab mereka khawatir jika pembongkaran berdampak pada tidak dibayarnya upah mereka oleh kontraktor.

Yarneddy mengatakan bahwa pihaknya memberikan batas waktu selama tujuh hari ke depan pada pihak BPS untuk mengurus perizinan. "Jika masih belum merespon juga maka ke-106 bangunan tersebut akan dibongkar seluruhnya," tambahnya.

Penertiban bangunan melibatkan 30 an petugas gabungan dari unsur Dinas P2B DKI, Sudin P2B Jakarta Timur dan dibantu pengamanan dari TNI/Polri.

ke-106 bangunan itu dibangun di atas lahan luas tanah 1 hektar. Sedianya 106 rumah itu untuk pejabat eselon 1-4 di kantor BPS Pusat. Tiap rumah memiliki tipe dan luas bangunan yang berbeda. Di antaranya adalah tipe cluster dengan luas tanah 90-120 meter persegi.(roni)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah