Headlines News :
Home » , » PGRI : satu juta guru Indonesia bergaji Rp200.000,

PGRI : satu juta guru Indonesia bergaji Rp200.000,

Written By mas_eko_keren on Kamis, 08 Desember 2011 | 16.17


Sekitar satu juta guru di Indonesia bergaji Rp200.000 per bulan sehingga sangat jauh dari layak, kata Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistyo.

"Mereka adalah guru honorer atau non-pegawai negeri sipil," katanya usai pemberian santunan Bumiputera kepada guru di Sekolah Dasar (SD) Pangudi Luhur Yogyakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengusulkan standar minimal gaji guru khususnya non-pegawai negeri sipil kepada pemerintah. Berdasarkan survei PGRI standar minimal gaji guru adalah Rp3,2 juta per bulan.

"Standar gaji minimal bagi guru sangat dibutuhkan untuk kelayakan hidup keluarga mereka. Apalagi, setengah dari sekitar empat juta guru di Indonesia merupakan guru honorer atau non-pegawai negeri," katanya.

Ia mengatakan, standar minimal gaji guru non-pegawai negeri sipil itu penting karena selama ini mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Padahal, pengabdian mereka sama dengan guru yang berstatus pegawai negeri sipil.

"Selama ini upaya peningkatan kesejahteraan guru hanya berlaku bagi guru berstatus pegawai negeri, yang mendapatkan gaji dan tambahan sejumlah tunjangan, sedangkan guru honorer atau non-pegawai negeri tidak diperhatikan hak-haknya," kata Sulistyo.

Kepala Wilayah Bumiputera Yogyakarta Nurseto mengatakan, guru bagi Bumiputera merupakan sosok yang tiada duanya karena para gurulah yang mendirikan perusahaan asuransi tersebut pada 1912.

"Pada beberapa bulan ke depan Bumiputera akan mencapai usia yang ke-100 tahunn atau satu abad. Hal itu merupakan perjuangan jutaan tetes keringat kerja keras para guru, sehingga berhasil membawa Bumiputera pada kesuksesannya saat ini," katanya.

Menurut dia, bagi banyak orang, guru juga merupakan pahlawan pendidik dan pemberi inspirasi untuk mencapai cita-cita saat ini dan di masa depan.

"Oleh karena itu, dalamr angka menuju perayaan 100 tahun, Bumiputera mengajak beberapa pemegang polis asuransi yang sudah dianggap sukses oleh lingkungannya untuk menyampaikan terimakasih kepada guru mereka yang telah memberikan inspirasi," katanya.ant
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah