Headlines News :
Home » , » Pungli di Badan Perijinan Gresik Merajalela

Pungli di Badan Perijinan Gresik Merajalela

Written By mas_eko_keren on Selasa, 06 Desember 2011 | 16.18

,GRESIK-Di saat target pendapatan dari sektor pajak reklame belum mencapai target, pungutan liar (pungli) di Badan Penanaman Modal dan Perijinan (BPMP) Kabupaten Gresik justru merajalela.

Staf Badan yang menangani masalah perijinan dan reklame itu menetapkan tarif khusus di luar ketentuan yang ada. Salah satu pungli di Badan ini diterapkan pada warga yang mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

Sesuai ketentuan yang ada, sebenarnya tidak ada pembebanan atau penetapan retribusi sama sekali untuk pendaftaran perusahaan (TDP).
Dengan kata lain surat TDP bisa diperoleh pemilik usaha secara gratis. Tapi kenyataannya, pemilik usaha yang mengurus TDP justru harus mengeluarkan dana yang tidak jelas juntrungannya.

Biaya di luar retribusi resmi itu diminta atau diberikan langsung pada staf BPMP. Tidak tanggung-tanggung dana pungli TDP mencapai angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu perusahaan. 'Biaya perijinan' itu ditetapkan beragam, bergantung pada bentuk badan usaha dan besarnya modal perusahaan yang mengajukan TDP.

Perusahaan dalam bentuk CV nilai punglinya lebih kecil daripada yang berbentuk PT. Perusahaan dengan modal puluhan juta juga dikenakan biaya yang biasanya lebih ringan daripada perusahaan dengan modal ratusan juta.

Seorang pengusaha kecil yang baru mengurus TDP mengatakan jika pungli TDP sudah jadi rahasia umum. Meski semua tahu jika secara resmi tidak ada retribusi untuk pengurusan TDP tapi mayoritas orang yang mengurus TDP tetap harus memberi dana khusus.

"Kalau CV bisa kena Rp 400 ribu, Rp 500 ribu atau lebih, tergantung lobinya," ujar pemilik usaha yang baru mendaftarkan usahanya yang berbentuk CV, Senin (5/12/2011).

Informasi pungli dalam pengurusan TDP bukan isapan jempol. Adanya pungli itu terbukti ketika Surya meneliti sendiri proses pengurusan TDP.

Untuk mengurus TDP, masyarakat pemilik usaha biasanya langsung diarahkan mendatangi salah satu staf BPMP. Biasanya pengurusan TDP dijadikan satu dengan proses pengurusan SIUP perusahaan.

Tapi jika semua syarat administrasi sudah lengkap maka pemilik usaha bisa menemui staf BPMP langsung di sebuah ruangan di lantai dua kantor BPMP .Oleh staf pengurus TDP inilah pengaju ijin biasanya menyerahkan uang pungli.TR
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah