Headlines News :
Home » , » Sanksi Pidana Ancam Pengembang,

Sanksi Pidana Ancam Pengembang,

Written By mas_eko_keren on Senin, 05 Desember 2011 | 11.34

Terkait Fasos Fasum Perumahan Yang Tak Diserahkan ke Pemkot Bogor

Bogor - Banyaknya perumahan di Kota Bogor ternyata belum seimbang dengan jumlah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang telah diserahkan ke Pemerintah Kota Bogor. Padahal penyerahan fasos fasum adalah kewajiban pengembang perumahan/pemukiman.
Menanggapi hal tersebut Staf Ahli Komisi VII DPR RI Abdul Fatah mengaku prihatin, menurutnya seharusnya Pemerintah Kota Bogor mengawasi secara ketat. Jika memang tak menyerahkan fasos fasum dapat langsung diberikan tindakan dan sanksi.
“Pengembang saat mengurus izin perumahannya sampai memelas, masa sekarang sudah kewajibannya menyerahkan fasos fasum malah gak mau. Pemkot harus menindak tegas, kan ada aturannya,” kata Abdul Fatah geram.
Menurut Fatah, dalam Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 13 Tahun 2009 tentang penyediaan dan penyerahan prasarana, sarana, utilitas perumahan dan permukiman, tertulis dengan jelas sanksi administratif dan sanksi pidana jika pengembang tak melaksanakan kewajibannya tersebut.
“Dalam Pasal 31 Perda No 13 tahun 2009 tertulis pengembang yang tidak memenuhi kewajibannya dapat dikenakan sanksi administrative. Berupa pembekuan sampai pencabutan izin, denda administrative dan sanksi polisional. Jadi pengembang jangan santai-santai,” tegas Fatah yang juga menjabat Direktur Lembaga Kajian Masyarakat (lekat).
Bahkan lanjut Fatah, dalam pasal 33 Perda 13 tahu 2009 tersebut ditegaskan jika pengembang yang dengan sengaja atau karena kelalaiannya tidak melaksanakan ketentuan tersebut diancam dengan pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan
atau denda paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).
“Saya rasa Pemerintah Kota Bogor dan DPRD Kota Bogor khususnya komisi yang membidangi masalah perumahan atau pemukiman, harus benar-benar jeli dan menyikapi masalah ini dengan serius. Jangan hanya membuat perda tanpa dilaksanakan penerapannya, tanpa tindakan tegas pengembang nakal akan selalu merugikan Pemkot,” pungkasnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah