Headlines News :
Home » , » Wakil Wali Kota Cirebon Dituntut Tiga Tahun

Wakil Wali Kota Cirebon Dituntut Tiga Tahun

Written By mas_eko_keren on Rabu, 21 Desember 2011 | 11.34


Wakil Wali Kota Cirebon Sunaryo dan mantan Ketua DPRD Kota Cirebon Suryana mendengarkan hakim dalam persidangan dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, kemarin.

BANDUNG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut 3 tahun penjara kepada dua terdakwa Wakil WaliKota CirebonSunaryo dan mantan Ketua DPRD Kota Cirebon Suryana dalam sidang tuntutan di ruang V Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Negeri (PN) Bandung,Jalan RE Martadinata, Kota Bandung,kemarin.

“Sesuai dakwaan subsider, Keduaterdakwaterbuktisahmelakukan secara bersama tindakan korupsi,sesuai Pasal 3 jo Pasal 18UUNo31 Tahun1999juntoUU No 20 Tahun 2001,Pasal 55 ayat 1 junto Pasal 64 ayat 1KUHP,”kata salah satu JPU,Rahman Firdaus dalam persidangan. Kedua terdakwa dituntut pidana penjara selama tiga tahun, denda 50 juta, subsider 5 bulan kurungan, serta uang pengganti kepada terdakwa satu (Suryana) sebesar Rp312 juta dan terdakwa dua (Sunaryo) sebesar Rp180 juta, subsider satu tahun penjara.

Dalam dakwaan primer, Rahman menyatakan, kedua terdakwa tidak terbukti melakukan tindakan yang memperkaya diri pribadi sesuai Pasal 2 ayat 1 UU Tindak Pidana Korupsi. “Unsur memperkaya diri sendiri tidak terbukti, adapun mengenai perbedaan uang pengganti itu dibebankan sesuai jumlah uang yang diterima,” terang Rahman.

Selama persidangan, kedua terdakwa tampak tenang mendengarkan tuntutan yang diberikan JPU. Dalam kesempatan itu ketua majelis hakim menawarkan pembelaan kepada terdakwa, namun kedua terdakwa menyerahkan hak pembelaan kepada penasehat hukumnya, Kuswara S Taryono. Kuswara mengaku, pihaknya keberatan dengan tuntutan yang diberikan JPU.“Saya tidak setuju dengan pernyataan yang diberikan JPU.Apa yang dilakukan oleh klien saya adalah urusan administrasi,” kata Kuswara.

Untuk itu, sebut dia, pihaknya akan mengkaji ulang kembali. Dakwaan, alat bukti, dan keterangan saksi akan dianalisis oleh pihaknya dan akan segera dituangkan dalam sidang pledoi pada 27 Desember mendatang. Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Cirebon Sunaryo dan mantan Ketua DPRD Kota Cirebon Suryana, ditahan paksa Kejati Jabar, setelah keduanya beserta berkas perkara dan barang bukti dilimpahkan dari Polda Jabar ke Kejaksaan Tinggi Jabar, pada Kamis 18 Agustus 2011.Sunaryo dan Suryana tersandung kasus dugaan korupsi dana pos belanja barang dan jasa APBD 2004 senilai Rp4,9 miliar.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah