Headlines News :
Home » , , » Walhi Minta Pemrov DKI Segera Bangun 3 ITF

Walhi Minta Pemrov DKI Segera Bangun 3 ITF

Written By mas_eko_keren on Rabu, 07 Desember 2011 | 19.43


JAKARTA – Wahana Lingkngan Hidup (Walhi) mendorong pemerintah provinsi DKI Jakarta dapat segera menyelesaikan pembangunan tiga tempat pengolahan sampah terpadu atau Intermediate Treatment Fasility (ITF).

Walhi sebagai salah satu LSM Lingkungan mendukung pembangunan ITF meminta pemrov DKI segera menyelesaikannya. Karena sudah saatnya pengolahan sampah di Jakarta tidak lagi dilimpahkan ke daerah penyangga yang ada di sekitarnya.

“Bagaimanapun juga, Pemprov DKI harus mengurus persoalan sampahnya sendiri. Perhitungan kami, dari efisiensi dan efektifitas, pengolahan sampah dalam kota lebih baik dari pada membangun di luar kota Jakarta,” ujar Direktur Eksekutif WALHI DKI Jakarta, Ubaidillah kepada wartawan di Jakarta, Rabu (7/12/2011).

Ia menjelaskan bahwa, sistem yang ada dalam ITF menggunakan pendekatan 3 R (recycle, reduce dan reuse). Pendekatan ini dapat meminimalkan pencemaran yang mengganggu kesehatan masyarakat. Pasalnya, dengan teknologi tersebut seluruh sampah bisa diurai hingga tidak tersisa atau zero to waste.

Lebih lanjut ia menegaskan teknologi seperti ini juga digunakan di sejumlah negara maju yang mempunyai persoalan sama dengan Jakarta.

“Dengan Teknologi ini masyarakat akan diuntungkan karena tidak ada lagi sampah yang tidak bisa diuraikan. Kita ingin dalam melakukan pengolahan sampah Pemprov juga memperhatikan kesehatan masyarakat," Ubaidillah mengungkapkan.

Konsep pembangunan ITF Sunter sendiri, menurut Ubaidillah, teknologi incenarator yang digunakan sudah lebih baik dan mendukung teknologi ramah lingkungan. Bahkan lebih baik dari teknologi yang digunakan di TPST Bantargebang, yaitu open dumping dan sanitary landfill.TR
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah