Headlines News :
Home » , » Angin Puting Beliung Juga Hantam Kab.Wonosobo

Angin Puting Beliung Juga Hantam Kab.Wonosobo

Written By Metro Post News on Minggu, 29 Januari 2012 | 15.29

Kab.Wonosobo, MP – Angin kencang yang terjadi selama tiga hari terakhir, di sebagian besar wilayah Wonosobo, berdampak pada kerusakan jaringan instalasi listrik. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Wonosobo mencacat akibat cuaca ekstrim ini 20 tiang listrik roboh, jaringan kawat putus berakibat empat jalur distribusi arus listrik padam. 

Akibat terputusnya jaringan ini, hampir semua lokasi di Kabupaten Wonosobo padam sejak tiga hari terakhir. Bahkan hingga saat ini beberapa lokasi masih padam karena proses perbaikan belum selesai lantaran angin kencang masih terjadi dibeberapa lokasi.

Supervisor Tekhnik PLN UPJ Wonosobo, Pujiono mengatakan angin kencang yang terjadi di semua wilayah di Wonosobo membuat pihaknya bekerja keras untuk melakukan perbaikan. Sebab, empat jalur distribusi utama jaringan listrik di Wonosobo semuanya terganggu. Sehingga hampir sebagian wilayah Wonosobo padam.

“ Semua empat jalur utama kami terganggu, karena banyak pohon tumbang memutus jaringan distribusi ke semua wilayah,”katanya. Disebutkan dia, bahwa untuk wilayah Wonosobo terdapat empat jalur meliputi jalur pertama Wonosobo, Garung Watumalang. Jalur dua Kertek ,Kalikajar, Jalur tiga Selomerto, lekonso dan Kepil, jalur empat Klerang, Selomerto, Sukoharjo hingga Banjarnegara. Semua jalur tersebut rusak karena banyak jaringan terputus. Pemicunya selian kabel putus teracata 4 trafo terbakar dan 20 tiang roboh.
“Kerusakan jaringan tersebar di semua lokasi. Sampai saat ini kita masih bekerja keras melakukan perbaikan,”katanya.

Kerusakan paling parah , kata Pujiono, terjadi di di jalur satu. Sebab sebagian besar jalur di Kecamatan Watumalang terputus karena 7 tiang roboh. Lokasi lain di Kecamatan Sapuran 3 tiang roboh, sisanya tiang yang roboh tersebar disemua jalur. Selain itu perbaikan paling lama karena tiga trafo besar terbakar.
“Di semua jalur itu, hampir sebagian besar ada kabel putus karena tertimpa pohon,”katanya

Untuk melakukan perbaikan, imbuh Pujiono, pihaknya sudah menurunkan 8 regu dengan personil tiap regu 10 orang. satu regu diantaranya merupakan pihak ketiga yang dikhususkan untuk memperbaiki perangkat keras untuk pemasangan tiang dan trafo besar. Kendati begitu hingga saat ini belum semua lokasi nyala karena kondisi lapangan sulit dan sebagian berada di pelosok.

“ Selama tiga hari ini, kita sudah bekerja hingga larut pagi, tapi baru 75 persen yang sudah nyala,”katanya.
Ditambahkan dia, untuk perbaikan seratus persen semua lokasi ditargetkan akan selesai dua hari lagi tepatnya hari Minggu. Itu pun apabila tidak ada kerusakan tambahan.
 
“ Kalau cuaca stabil lagi, hari minggu besok kita targetkan sudah selesai. Petugas kita saat ini masih terus melakukan perbaikan,”pungkasnya.(freddy)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah