Headlines News :
Home » , » Bupati Bombana Prioritaskan Program Gembira Desa

Bupati Bombana Prioritaskan Program Gembira Desa

Written By Metro Post News on Selasa, 10 Januari 2012 | 00.17

BOMBANA, MP -   Pasangan Bupati – wabup terpilih  ‘Tamasya” (Tafdil – Masyhura bertekad akan   mewujudkan bombana sejahtera, yang ditargetkan tahun 2011-2016,  “makna sejahtera yang ingin dicapai dalam lima tahun kedepan adalah terpenuhinya hak dasar masyarakat berupa kemudahan akses pendidikan,kesehatan dan akses  ekonomi  tersedianya infrastruktur secara merata dan terciptanya lapangan kerja yang memadai sehinggah dapat terwujudnya peningkatan kualitas hidup sosial ekonomi masyarakat.” Ujar tafdil beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Agenda mempercepat pembangunan infrastruktur dimaksudkan untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi, memudahkan pelayanan birokrasi, menciptakan kondisi pemerintahan yang mengutamakan pelayanan terpadu efektif dan efisien kepada masyarakat melalui penerapan prinsif-prinsif tata kelola pemerintahan yang baik mendorong aparatur memiliki kompetensi propesional serta menjamim kepastian dalam penjengjangan karir serta promosi jabatan.
      
Dalam sistem perekonomian,pembangunan ekonomi, untuk menciptakan suatu sistim  perekonomian masyarakat secara berimbang dan menguntungkan pada seluruh strata ekonomi mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan dan investasi swasta. Kualitas sumber daya manusia (SDM) dimaksudkan mengembankan kualitas iman dan takwa kualitas intelektual  serta kualitas kesehatan jasmani dan rohani beserta mematafkan pembangunan budaya masyarakat bombana yang dimaksudkan untuk merekatkan masyarakat bombana yang heterogen dalam kebersamaan dan kebhinekaannya, tambah Tafdil.

Selanjutnya” Untuk mencapai percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, bupati bombana bersama pasangannya  dalam program gembira desa yang merupakan bagian dan prioritas pelaksanaan dengan program pokoknya yang meliputi,infrastruktur desa antara lain, jalan desa,jalan usaha tani,irigasi desa  dan peribadatan. Dengan perekonomian desa membentuk lembaga keuangan desa sarana ekonomi, pertanian dalam arti luas, serta  kelautan dan perikanan serta pelayanan masyarakat antara lain pemberian intensif kepada aparatur desa,petugas rumah-rumah ibadah .

“Khusus program gembira desa pemerintah kabupaten bombana, kami akan mengalokasikan dana sebesar 350 juta/desa  pertahun melalui program ”GEMBIRA” (Gerakan Membangun Masyarakat) mulai 2012.Dana 350 juta itu akan diberikan kepada desa /kelurahan setiap tahun melalui APBD Kabupaten bombana,” kata tafdil dirumbia beberapa waktu lalu.

Pengelolaan program”GEMBIRA DESA” dengan 138 desa/kelurahan, setiap tahun pemkab bombana akan menyediakan dana desa senialai 48,3 miliar atau sekitar 10 persen lebih dari total proyeksi APBD bombana 2012 sekitar 500 miliar. Bupati tafdil mengatakan, dana sebanyak 350 juta tersebut akan dialokasikan untuk alokasi dana desa (ADD) sebesar 150 juta  dan block grant (dana hibah) sebesar 200 juta yang sebelumnya dana ADD dibombana hanya 10 juta menjadi 150 juta.

Untuk alokasi dana block grant sebesar 200 juta perdesa/kelurahan pertahun, akan dibagi dalam dua kategori peningkatan kesejahteraan masyrakat melalui pembangunan infrastruktur desa dan pemberdayaan masyarakat disektor pertanian.Dengan alokasi dana sebesar itu dia berharap kepada masing-masing desa/kelurahan dapat mewujudkan bombana sejahtera 2011-2016,”katanya. (ZL/Yacub siga)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah