Headlines News :
Home » » Camat Parung Panjang Tolak Kedatangan YAI

Camat Parung Panjang Tolak Kedatangan YAI

Written By Metro Post News on Kamis, 12 Januari 2012 | 23.49


Bogor, MP-Kegiatan penggalian tanah secara illegal (Galian C) yang ada di wilayah Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor mengundang keprihatinan berbagai pihak, pasalnya penggalian yang dilakukan oleh para pengusaha tersebut berakibat terjadinya kerusakan lingkungan di daerah itu.

Keprihatinan tersebut di tunjukan oleh salah satu organisasi lingkungan di bawah naungan Yayasan Amdal Indonesia (YAI) yang membawa program Recovery dan rehabilitasi terhadap masyarakat dan lingkungan kecamatan yang telah mengalami pengrusakan lingkungan akibat Galian C.

Namun saat akan melakukan peninjauan lokasi galian dan meminta ijin kepada aparat setempat, Camat Parung Panjang, Adeyana Mulyana justru menyarankan agar pihak YAI meminta ijin ke Pemda Kabupaten Bogor tanpa menjelaskan alasannya.

Seperti diketahui YAI merupakan salah satu organisasi lingkungan hidup yang juga mitra Kementrian Lingkungan Hidup yang fungsinya mengontrol lingkungan yang ada di Indonesia. Jadi bila ada salah satu aparat Pemda menolak kedatangan YAI hanya karena alasan birokrasi seperti yang dilakukan oleh Camat Parung Panjang terhadap Ka Bidang Pengawasan Lingkungan YAI apa yang dilakukan Camat sudah salah besar, karena sama saja sudah melecehkan Kementrian Lingkungan Hidup.

Menurut Ketua umum YAI Drs. Siswo Suparno, SH, tidak diperkenankan tim YAI untuk meninjau lokasi galian oleh camat setempat diduga keras telah terjadi persekongkolan antara pengusaha Galian C dan Camat tersebut. “Kita juga curiga ada apa ini, sampai-sampai phak Kecamatan tidak bisa berbuat apa-apa, padahal galian pasir ini bisa merusak lingkungan,” ucapnya.

Ditolaknya kami melakukan peninjauan di lokasi galian, bukan berarti kami akan berhenti sampai di sini. Pihaknya akan terus melakukan langkah – langkah lanjutan baik ke Kabupaten dan tingkat Provinsi, tegas Siswo.(R/J)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah