Headlines News :
Home » , » Distribusi Raskin di Kab.Lolaka Tepat Sasaran

Distribusi Raskin di Kab.Lolaka Tepat Sasaran

Written By Metro Post News on Senin, 09 Januari 2012 | 23.46

KOLAKA, MP- Program Raskin (beras untuk keluarga miskin) digelontorkan oleh Pemerintah guna mengurangi jumlah angka kemiskinan di tiap daerah. Pemerintah kabupaten kolaka sulawesi-tenggara mendapat alokasi raskin tahun 2010 lalu sebesar 5.890.336 ton yang diperuntukan bagi 33.129 rumah tangga sasaran RTS.

Penyaluran raskin dikolaka dilakukan bulog hingga  di 213 desa dan kelurahan. Masyarakat secara swadaya mengambil sendiri ketitik distribusi dengan menggunakan sepeda, motor, maupun sebagian yang jalan kaki.
Bedasarkan pengecekan dilapangan disalah satu desa khususnya desa mangolo kecamatan latambaga dan desa sabilambo kecamatan kolaka, penyalurannya relatif tertib dan tepat sasaran, karena diberikan kepada RTS sesuai daftar yang dikeluarkan badan pusat statistik (BPS). Secara administrasi juga tertib, karena semua penerima raskin mendapat kartu raskin, sehingga hanya pemilik kartu raskin yang mendapat raskin.

Selain tepat sasaran, raskin juga tepat harga, karena dijual Rp 1.600/kg sebagaimana yang ditetapkan pemerintah, sedangkan harga dipasaran berkisar Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per kilogram atau hampir dua kali lipat dari harga raskin.

Secara  kualitas, beras yang disalurkan berkelas standar, berwarna putih, tidak bau atau berkutu dan layak dikomsumsi. Jaminan kualitas beras ini dilakukan pemeliharaan rutin digudang bulog melalui penyemprotan dan pengaturan tempat penyimpangan beras agar terjadi sirkulasi udara yang baik.

Berdasarkan hasil investigasi kerumah tangga penerima, dengan beragam kriteria antara lain, janda, lansia, buruh, petani dan pedagang kecil yang rata-rata memiliki 4-6 anggota keluarga, raskin yang 15 kg, cukup untuk memenuhi makan sekitar sepuluh hari hingga dua minggu. Hal ini berarti telah meringankan beban sekitar 50 persen kebutuhan beras setiap bulannya.

Selain pendistribusian raskin kolaka yang tepat sasaran kepala gudang Bulog kab.Kolaka, H.Yunus juga melakukan pembenahan secara internal, yaitu melakukan rehab bangunan kantornya. Diharapkannya agar rehab kantor yang dilakukannya tersebut dapat meningkatkan kinerja jajarannya dalam melayani masyarakat. Haltersebut dikatakannya kepada Metro Post di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“Semoga dengan direhabnya bangunan kantor ini dapat lebih meningkatkan semangat kerja kami, baik dalam menyalurkan raskin agar tepat sasaran dan kegiatan – kegiatan kami lainnya.  Kerjasama yang baik diantara karyawan juga kunci keberhasilan kami selama ini.” Ujar H.Yunus mengakhiri pembicaraannya. ( Zul Lallo )
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah