Headlines News :
Home » » DPRD Gresik Loloskan Proyek Stadion Gunung Lengis

DPRD Gresik Loloskan Proyek Stadion Gunung Lengis

Written By Metro Post News on Rabu, 25 Januari 2012 | 22.14

GRESIK,MP— Rapat paripurna istimewa DPRD Gresik, Jawa Timur, Rabu (25/1/2012), mendukung pembangunan megaproyek pembangunan Stadion Gunung Lengis senilai Rp 230 miliar secara bertahap dengan sistem multiyears.
Anggota DPRD Gresik mendengar paparan studi kelayakan dari perwakilan Pemerintah Kabupaten Gresik dan konsultan penyusun studi kelayakan dari PT Visi Mas Utama Konselindo.
Hasil studi kelayakan menyatakan proyek tersebut sangat layak meski ada potensi persoalan. Dari fraksi yang ada di DPRD Gresik, hanya Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) dan Fraksi Kebangkitan Nasional Ulama (FKNU) yang meminta proyek itu dikaji ulang. FKB menilai ada kejanggalan dalam studi kelayakan dan konsultan sudah terkooptasi.
”Jelas kelihatan konsultan diinstruksikan studi kelayakan stadion di Gunung Lengis layak,” kata perwakilan FKB, Chumaidi Ma'un.
Dia menilai isi studi kelayakan tak seimbang. Meskipun disebutkan ada tiga alternatif lokasi, konsultan fokus pada Gunung Lengis sebagai lokasi paling pas. ”Kami meminta proyek stadion dihentikan karena membuat anggaran prioritas yang sudah disahkan terpaksa ditunda seperti program pendidikan gratis dan program perbaikan jaminan kesehatan,” kata Chumaidi.
Anggota FKB lainnya, Abdul Qodir, menyebutkan persoalan lain. Gunung Lengis berdekatan dengan saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET). Bahayanya tidak diulas dalam studi kelayakan. Kontur di Lengis juga rawan longsor dan ada bagian lokasi yang curam.
”Apa ada jaminan dengan kondisi seperti itu anggaran tidak membengkak,” katanya. Sementara FKNU bukan menolak pembangunan stadion, melainkan meminta agar lokasinya dikaji ulang dan menyertakan lokasi di Cerme.
”Kalau disebutkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melarang lokasi stadion di Cerme kami minta bukti tertulisnya,” kata Ketua FKNU Syaiful Kirom.
Fraksi Amanat Nasional (FAN) menilai tidak ada alasan proyek dihentikan. Perwakilan FAN, Faqih Usman, meminta eksekutif menjawab semua tuntutan publik terkait program wajib agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
Fraksi Partai Golkar, Fraksi Demokrat, dan Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta proyek stadion segera dilanjutkan dan meminta persoalan yang ada segera diselesaikan. Rapat paripurna istimewa baru dilaksanakan pukul 14.30 dari jadwal pukul 13.00.
Selain karena aliran listrik padam, juga karena ada unjuk rasa. Perwakilan pengunjuk rasa diperbolehkan mengikuti rapat, tetapi tidak diperkenankan berpendapat. Namun, ketika mereka tidak puas terhadap pimpinan rapat, yakni Ketua DPRD Gresik Zulfan Hasyim, mereka interupsi.
Akhirnya Zulfan meminta perwakilan pengunjuk rasa keluar. Salah satu perwakilan pengunjuk rasa, Musa Amar, menilai pimpinan DPRD berusaha memuluskan rapat paripurna.
”Kami hanya minta rencana pembangunan stadion dievaluasi, baik pelaksanaan maupun lokasinya,” katanya.
Sebelumnya, dalam unjuk rasa menolak pembangunan Stadion Gunung Lengis, kantor DPRD sempat dilempari tomat busuk. Selain itu, terjadi aksi dorong antara pengunjuk rasa dan polisi. Pintu gerbang rusak dan beberapa potong besi patah. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah