Headlines News :
Home » » Ekonomi Solo Tahun 2011 Naik 5,3 Persen

Ekonomi Solo Tahun 2011 Naik 5,3 Persen

Written By mas_eko_keren on Kamis, 12 Januari 2012 | 21.54


SOLO – Bank Indonesia (BI) Solo mencatat pertumbuhan ekonomi di Solo pada tahun 2011 lalu naik signifikan dari tahun 2010. Pada tahun 2011 lalu, pertumbuhan ekonomi di Kota Bengawan mengalami peningkatan antara 4,8 persen hingga 5,3. Sedang pada 2010 lalu, pertumbuhan ekonomi Solo hanya naik 4,37 persen.

“Peningkatan ini tidak lepas dari agresivitas pergerakan sejumlah sektor vital yakni industri pengolahan, perdagangan, hotel, restoran serta berbagai sektor jasa,” kata Pimpinan BI Solo Doni P Juwono, Rabu (11/1/2012). Resesi ekonomi global tak berpengaruh banyak pada ekonomi di Solo.

Sebab, rasio ekspor terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) relatif kecil, yakni hanya sebesar 6,24 persen. “Pertumbuhan ekonomi terutama di sektor industri pengolahan, mengalami peningkatan sekitar 2,03 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Doni.

Doni juga mengatakan, sumbangan pertumbuhan ekonomi Solo Raya dari ekspor bukan satu-satunya faktor pendorong pertumbuhan ekonomi. Terlebih, sejumlah negara Eropa tujuan ekspor sedang mengalami krisis. “Saat ini yang harus diperhatiklan adalah orientasi pasar domestik. Karena negara tujuan eksport hasil produk Solo Raya sedang mengalami krisi global. Dan tahun 2012 ini baru melakukan recoveri,” ujarnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah