Headlines News :
Home » » Kabel Komunikasi Dicuri, Perjalanan 19 KA Terganggu

Kabel Komunikasi Dicuri, Perjalanan 19 KA Terganggu

Written By Metro Post News on Senin, 30 Januari 2012 | 18.14

PURWOKERTO--MP: Sinyal kereta api (KA) antara Stasiun Bumiayu dan Kretek, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), terganggu selama empat jam pada Minggu (29/1) malam.

Sebanyak 19 KA terpaksa berjalan dengan menggunakan sinyal darurat. Hal itu terjadi akibat kabel berikut pipa pelindung kabel sistem komunikasi yang dipasang di jembatan Sakalibel, Bumiayu, dicuri orang.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto Surono mengungkapkan pencurian itu diketahui setelah petugas KA kesulitan melakukan komunikasi antara Stasiun Bumiayu dan Kretek pada Minggu sekitar pukul 19.50 WIB. "Setelah diteliti di lapangan, ternyata pipa besi pelindung kabel berikut kabelnya telah dipotong orang sepanjang 25 meter," ujarnya, Senin (30/1).

Akibatnya, ada lima KA dari arah Jakarta yang harus berhenti di luar kebiasaan di Stasiun Bumiayu. Lima KA tersebut adalah KA Taksaka, Bima, Argo Lawu, Sawunggalih Utama, dan KA Senja Utama Yogya. Sementara itu, dari arah timur ada 13 KA penumpang dan satu KA bahan bakar minyak (BBM) jurusan Tegal yang terganggu perjalanannya. "Seluruh KA tersebut harus dilayani dengan persinyalan darurat akibat gangguan tersebut," jelasnya.

Kondisi itu baru normal kembali sekitar empat jam setelah kejadian yakni sekitar pukul 22.30 WIB. "Kerugian yang ditimbulkan akibat aksi pencurian ini senilai Rp40 juta. Kami menyayangkan aksi pencurian ini, karena dampaknya luar biasa, sebab membahayakan perjalanan KA," ujar Surono.(MI)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah