Headlines News :
Home » » Pasar Gede Solo akan Dipenuhi Cahaya Lampion Imlek

Pasar Gede Solo akan Dipenuhi Cahaya Lampion Imlek

Written By mas_eko_keren on Rabu, 11 Januari 2012 | 20.57


SOLO - Pasar Gede, Solo, akan terang benderang dengan nyala seribuan lampion Imlek. Lampion berwarna merah tersebut dipasang untuk menyambut datangnya tahun baru Imlek yang jatuh pada 23 Januari mendatang. Selasa (10/1/2012), beberapa lampion seukuran semangka itu mulai dipasang di sebelah barat dan timur pasar.

"Untuk memeriahkan Grebek Sudiro dan tahun baru Imlek, kita memasang seribu lampion di sekitar Pasar Gede," kata Ketua panitia Grebeg Sudiro, Yunanto Nugroho. Grebek Sudiro akan dilakukan pada Minggu (15/1/2012) mendatang. Namun Selasa malam, sejumlah lampion yang sudah dipasang tak dinyalakan karena belum dialiri listrik. Lampion-lampion itu hanya menggantung pada seutas kawat yang melintang diatas jalan.

Menurut Yunanto, lampion saat ini masih dalam proses pemasangan. Lampion sendiri baru akan dinyalakan serentak pada Minggu (15/1/2012) mendatang. Pemasangan ini merupakan even tahunan setiap menjelang Imlek. Selanjutnya, lampion akan terus dinyalakan setiap malam hingga puncak perayaan Imlek yang diisi dengan upacar sembahyang. "Momen ini untuk memperindah Kota Surakarta, sehingga sekitar Pasar Gede akan menjadi tempat wisata baru dengan adanya lampu lampion," katanya.

Selain itu, lanjut Yunanto, pemasangan seribu lampion tersebut erat kaitannya dengan pencanangan Kampung Sudiroprajan sebagai kampung seribu lampion. Keberadaan lampu lampion yang terpasang di depan Pasar Gede tersebut akan mengubah pemandangan kawasan pasar tersebut menjadi lebih indah saat malam hari. "Setiap malam biasanya selalu ramai," ujarnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, setiap malam selalu banyak masyarakat yang menyempatkan diri datang melihat cahaya lampion untuk sekedar melihat-lihat atau berfoto. Dipilihnya Pasar Gede sebagai tempat lampion karena terdapat Klenteng Tien Kok Sie. "Tahun lalu saya juga berfoto-foto di sini bersama teman-teman. Nanti kalau sudah menyala, saya akan berfoto-foto lagi," ujar Nurindah, warga Jebres saat menikmati angkringan di Pasar Gede. (*)TR
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah