Headlines News :
Home » , » Pembangunan Jalan Nasional Sultra-Sulbar-Sulteng Mulai 2012

Pembangunan Jalan Nasional Sultra-Sulbar-Sulteng Mulai 2012

Written By Metro Post News on Senin, 30 Januari 2012 | 18.22

MAMUJU--MP: Jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) dibangun pada 2012.

"Salah satu kesepakatan dalam rapat koordinasi Forum Bappeda se Sulawesi di Kendari, Sultra, adalah rencana pembangunan Jalan nasional yang menghubungkan ketiga provinsi tersebut,"kata Kepala Bappeda Provinsi Sulbar Akbar Thahir di Mamuju, Minggu (29/1).

Ia mengatakan, kesepakatan pembangunan jalan nasional tersebut telah mendapat persetujuan dari Badan Perencanaan Nasional sehingga proses pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini.

Menurut dia, salah satu kendala yang dihadapi sejumlah wilayah di Sulawesi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi ekonomi daerah karena belum memadainya sarana infrastruktur jalan untuk melakukan hubungan ekonomi.

"Provinsi Sultra selama ini tidak memiliki akses jalan untuk melakukan hubungan ekonomi dengan sejumlah Provinsi di Sulawesi seperti Provinsi Sulbar, maupun provinsi Provinsi Sulteng, Gorontalo dan Sulut,"katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, jalan nasional yang menghubungkan Sultra dan Sulbar serta provinsi lainnya di Sulawesi sangat perlu untuk secepatnya dibangun karena dengan begitu ekonomi di Sulawesi akan tumbuh karena hubungan antara wilayah akan semakin membaik.

Ia mengatakan, pembangunan jalan nasional tersebut akan dimasukkan dalam program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang digagas pemerintah pusat di pulau Sulawesi.

"Sulbar mendapat anggaran Rp1,4 triliun dari program MP3EI, separuh dari anggaran itulah yang akan digunakan membangun jalan  nasional di Sulbar menghubungkan dengan Provinsi Sultra dan sejumlah daerah di Sulawesi,"katanya.(MI)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah