Headlines News :
Home » , , » Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Dibubarkan

Satgas Pemberantasan Mafia Hukum Dibubarkan

Written By mas_eko_keren on Kamis, 12 Januari 2012 | 21.15


JAKARTA - Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum (PMH) atau biasa disebut Satgas anti Mafia Hukum resmi dibubarkan. Kepastian pembubaran satgas ini diumumkan lewat siaran pers yang dikeluarkan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKPPP), Kamis (12/1/2012).

Satgas anti mafia hukum dibentuk pada 30 Desember 2009 artinya sudah bekerja selama dua tahun. "Presiden memutuskan untuk tidak memperpanjang kelembagaan Satgas PMH. Adapun beberapa fungsinya, antara lain pembenahan sistem, pengaduan dan tindak-lanjut, serta pelaksanaan koordinasi, dialihkan ke UKPPP," tulis UKPPP dalam siaran persnya.

Dalam siaran pers itu ditulis, sepanjang dwiwarsa masa tugasnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai Satgas PMH berhasil melaksanakan amanah tugas serta kewenangan berupa koordinasi, evaluasi, koreksi, dan pemantauan, agar pemberantasan mafia hukum dapat dilakukan seefektif mungkin. Per 23 Desember 2011, dari hampir 5.000 pengaduan masyarakat yang diterima Satgas PMH, 4.401 (89 persen) pengaduan telah dipelajari untuk kemudian ditindaklanjuti. Pengaduan yang urgen, segera disampaikan Satgas PMH ke instansi terkait melalui surat maupun koordinasi langsung. dua-tiga langkah di depan para mafia itu.

Untuk kasus-kasus yang strategis, Satgas PMH melakukan pemantauan dan kajian secara proaktif guna menemukan solusi terbaik bagi perbaikan sistem, terutama pada lembaga-lembaga penegakan hukum. Penguatan sistem penegakan hukum (seperti penguatan fungsi Komisi Kepolisian Nasional) serta kasus besar yang terungkap pada sepanjang masa kerja Satgas PMH (seperti pengungkapan kasus Gayus) juga telah ditindaklanjuti secara baik oleh lembaga penegak hukum terkait. Roda penegakan hukum, dengan demikian, berjalan lancar, berputar sebagaimana mestinya. Satgas dinilai berhasil.TR
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah