Headlines News :
Home » » Wisatawan Keluhkan Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai

Wisatawan Keluhkan Tiket Masuk Obyek Wisata Pantai

Written By Metro Post News on Rabu, 25 Januari 2012 | 22.06

KEBUMEN MP - Wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata pantai di pesisir selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mengeluhkan tarif yang tidak sepadan dengan fasilitas yang mereka dapatkan.
Mereka berharap pemerintah kabupaten setempat meningkatkan pelayanan wisata, yang membuat para wisatawan betah mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut.
Wisnu (29), wisatawan asal Bandung, Jawa Barat, yang datang bersama tiga temannya, saat masa liburan akhir pekan lalu mengaku kecewa dengan kenaikan tiket masuk di sejumlah obyek wisata pantai.
"Tiketnya naik. Awal tahun kemarin, saya juga ke Pantai Ayah tapi tiketnya masih Rp 2.500. Sekarang sudah naik jadi Rp 5.000," kata Wisnu.
Pemkab Kebumen pada 2011 memang telah menaikkan retribusi seluruh tiket masuk obyek wisata. Seperti retribusi masuk Goa Jatijajar dari Rp 3.000 menjadi Rp 5.000 per orang. Gua Petruk naik dari Rp 3.000 menjadi Rp 6.500 per orang, Pantai Karangbolong dari Rp 3.000 menjadi Rp 4.000, sedangkan Pantai Logending naik dari Rp 2.500 menjadi Rp 5.000 per orang.
Kepala Seksi Promosi dan Pameran pada Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kebumen Nasrudin, Rabu (25/1/2012), mengatakan, sarana pendukung dan infrastruktur penunjang di obyek wisata Kebumen saat ini masih memprihatinkan. Hal ini banyak dikeluhkan masyarakat, terutama dari biro perjalanan wisata.
Dia menambahkan, pendapatan asli daerah (PAD) sektor wisata pada 2012 ditargetkan mencapai Rp 3,4 miliar, melonjak dari tahun sebelumnya Rp 1,492 miliar. Hal ini yang mendorong kenaikan tarif retribusi.
Bupati Kebumen, Buyar Winarso, menyadari pariwisata Kebumen tidak bisa hanya dikelola pemerintah. Pengelolaan harus bersinergi dengan swasta dan juga masyarakat setempat., KOMPAS.com
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah