Headlines News :
Home » » Arteri Porong Dijanjikan Beroperasi 15 Maret

Arteri Porong Dijanjikan Beroperasi 15 Maret

Written By Metro Post News on Jumat, 10 Februari 2012 | 00.03

SURABAYA -  Kemacetan Jl Raya Porong, Sidoarjo, Jawa Timur yang selama ini segera berakhir. Badan Pelaksana Lumpur Sidoarjo (BPLS) mengaku, relokasi Jl Arteri Porong secepatnya selesai. Dan jalan yang menghubungkan Surabaya-Malang ini sudah bisa dibuka atau dioprasikan pada 15 Maret nanti.
Deputi Infrastuktur BPLS Karyadi, menjelaskan, sudah ditemukan solusi terbaik untuk mengatasi pembebasan lahan di Jl Arteri Porong. Lahan sebanyak 120 bidang di wilayah Sidoarjo yang belum terbebaskan, secepatnya bisa diselesiakan.
BPLS sudah melakukan  konsinyasi dan uangnya dititipkan di Pengadilan Negeri. Sedangkan di wilayah Pasuruan, terdapat 73 persen yang sudah terbebaskan. Sisanya belum bisa dilakukan konsinyasi.
“Kami optimis relokasi Jl Arteri Porong bisa selesai dan  dioperasikan pertengahan Maret 2012,” kata Karyadi pada sela-sela hearing bersama Komisi D DPRD Jatim, Kamis (9/2/2012).
Ditanya soal tidak terbukanya hasil appraisel, Karyadi membantah. Ia mengatakan, BPLS menolak membuka hasil appraisel, karena sudah sesuai dengan regulasi tidak diperbolehkan.
“Regulasinya memang begitu. Kalau kami membuka, nanti dipersalahkan. Pengadilan juga sudah mendukung keputusan ini,” jelas Karyadi.
Bupati Sidoarjo Saiful Illah yang ikut dalam hearing menyarankan, penyelesaian Jl Arteri Porong lebih utama dibadning perbaikan Jl Raya Porong. Harapannya, penyelesian Jl Arteri Porong lekas rampung dan
segera dibuka.
“Sebaiknya BPLS dan Balai Besar fokus merampungkan
relokasi dulu,” harap Saiful Illah.
Orang nomor satu di Kabupaten Sidoarjo juga berharap, BPLS dan Pemprov Jatim ikut membantu pendanaan perbaikan Jl Kali Tengah sepanjang 4 KM yang dijadikan jalan alternative, kini kondisinya rusak parah.
“Pemprov sudah membantu pendanaan sebesar Rp 5 miliar, tapi masih kurang. Kami juga sudah mengirimkan surat ke Kementrian PU untuk perbaikan jalan tersebut,” sambung Saiful.
DPRD Jatim terus memberi suport kepada BPLS supaya cepat menyelesikan Jl Arteri Porong. Anggota Komisi D DPRD Jatim, Djalaludin Alham menilai, BPLS sudah melakukan kerja keras untuk menyelesikannya. Saat
ini, tinggal 96 orang yang lahannya belum terbebaskan dengan luas 1,7 hektar bangunan dan 4,3 hektar sawah.
“Kami terus memberi suport kepada BPLS melakukan konsinyasi. Sehingga diharapkan Kl Arteri Porong bisa dioprasikan pada 15 Maret nanti,” cetus Djaludin.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah