Headlines News :
Home » , , » Foke Berikan Beasiswa Kepada 1500 Pelajar dan 400 Mahasiswa

Foke Berikan Beasiswa Kepada 1500 Pelajar dan 400 Mahasiswa

Written By Metropost on Kamis, 23 Februari 2012 | 19.57

JAKARTA, MP - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo memberikan beasiswa kepada 1.500 pelajar dan 400 mahasiswa berprestasi. Beasiswa ini diharapkan dapat membantu para pelajar dan mahasiswa untuk melanjutkan studinya serta untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jakarta.

"Kalau pelajar dan mahasiswa diberikan beasiswa agar mereka tidak drop out karena kurang biaya. Tapi seperti sarjana, kita berikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, sebab yang mengajukannya banyak dari kalangan guru dan dosen," ujar Fauzi Bowo, dalam acara Penyerahan bantuan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi serta siswa dan mahasiswa peraih prestasi pada event nasional/internasioanal tahun pelajaran 2011/2012, Kamis (23/2).

Dikatakan Fauzi, di Jakarta sendiri mutu pendidikan sudah baik jika memakai tolak ukur dari tingkat kelulusan pelajar saat ujian nasional 2009/2010. Kelulusan untuk tingkat SD mencapai 100 persen, SMP 99,9 persen, SMA 99,53 persen, dan SMK 99,82 persen. "Akan terus kita tingkatkan kualitasnya. Karena 28,93 persen APBD 2012 atau Rp 9,78 triliun dialokasikan untuk pendidikan," ungkapnya. 

Untuk itu, Fauzi sangat mengharapkan anak-anak Jakarta untuk bisa menikmati bangku sekolah semua tanpa terkecuali. Tidak ada lagi anak Jakarta yang akhirnya putus sekolah karena tidak punya biaya. "Saya tidak ingin adanya anak usia sekolah di Jakarta yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena tidak mampu bayaran," tegasnya.

Ketua Yayasan Beasiswa Jakarta, Margani Mustar mengungkapkan, pihaknya pada tahun ajaran 2011/2012 telah memberikan beasiswa kepada 9.080 pelajar dengan total bantuan Rp 13,620 milar, 1.750 mahasiswa dengan total bantuan Rp 3,675 miliar, bantuan tugas akhir bagi 300 mahasiswa Rp 600 juta, pemberian bantuan penulisan tesis 60 orang Rp 400 juta dan 250 pelajar/mahasiswa berprestasi peraih medali di event internasional/nasional Rp 750 juta. "Keseluruhannya ada 11.449 orang terdiri dari 9.191 SLTA, 2.172 Mahasiswa, dan 86 dari SD," ucapnya.

Ditambahkan Margani, ke depan diharapkan lembaga-lembaga pemberi beasiswa dapat terintegrasi sesuai dengan anjuran yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Supaya pemberian beasiswa bisa merata dan tepat sasaran.

"Lembaga beasiswa Pemprov DKI seperti BAZIS, Dinas Pendidikan, dan Yayasan beasiswa Jakarta akan dibuatkan program khusus agar terintegrasi semoga akan terealisasi di tahun 2017. Selain itu, langkah ini juga agar pemberian beasiswa bisa transparan dan dipantau masyarakat," tandasnya. 

Ketua Presidium Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS) Provinsi DKI Jakarta, Arman Zakaria, mengampreasiasi tinggi pemberian beasiswa tersebut. Dengan beasiswa itu diharapkan dapat memotivasi pelajar untuk berprestasi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Untuk itu, pihaknya juga mendukung sistem jaringan informasi beasiswa se-DKI Jakarta. Selaku Ketua FKKS Provinsi DKI Jakarta, ia optimis masyarakat, kalangan orangtua murid dan murid sangat mendukung perhatian dan program gubernur tersebut, untuk tetap berkelanjutan di masa yang akan datang.

“Hal ini sejalan dengan arah dan kebijakan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan beasiswa bagi siswa tidak mampu dan berprestasi dengan memberikan beasiswa rawan putus sekolah dan Kartu Siswa Miskin. Dan yang tidak kalah pentingnya, Gubernur Fauzi Bowo tidak menginginkan adanya siswa tidak sekolah karena tidak terdukung faktor pembiayaan,” tegasnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah