Headlines News :
Home » , » Jakut Bakal Tambah Hutan Kota di Semper Timur

Jakut Bakal Tambah Hutan Kota di Semper Timur

Written By Metropost on Kamis, 23 Februari 2012 | 19.52

JAKARTA, MP - Untuk menambah ruang terbuka hijau, sekaligus mengurangi tingkat polusi udara, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta berencana membangun hutan kota di RW 07, Sempertimur, Cilincing, Jakarta Utara pada pertengahan tahun ini. Dengan adanya hutan kota tersebut, diharapkan, dapat mereduksi pencemaran udara yang terjadi.

Rencana pembangunan huta kota itu, disampaikan Kepala Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Utara, Jaja Suarja. Dikatakan Jaja, tahun lalu, Dinas Kelautan dan Perikanan DKI telah membebaskan lahan seluas enam hektar di RW 07 Sempertimur untuk membangun hutan kota. "Diharapkan dengan adanya hutan kota itu bisa menambah ruang terbuka hijau, mereduksi pencemaran udara, menurunkan suhu kota, dan meningkatkan oksigen di Jakarta Utara," ujar Jaja, Kamis (23/2).

Dikatakan Jaja, kriteria untuk membangun hutan kota itu diantaranya, memiliki lahan minimal seluas 2,5 hektar, 90 persen bisa tanami pohon, dan wilayahnya cukup gersang. "Pemilihan jenis pohon akan disesuaikan lokasi. Misalnya, jika dekat industri, maka lebih cocok ditanami pohon mahoni. Lalu, jika di kawasan pemukiman lebih cocok ditanami pohon mangga. Dan jika di kawasan rekreasi, akan lebih cocok ditanami pohon produktif," katanya.

Dijelaskan Jaja, hingga kini, terdapat tiga hutan kota di Jakarta Utara. Di antaranya di sekitar Waduk Sunter Utara, Kemayoran dan kawasan KBN Cilincing. Sedangkan, tanaman pohon di Jakarta Utara terdapat 100 ribu lebih pohon. Namun, jumlah tersebut masih terbilang minim, karena kondisinya masih gersang, dan juga masih ada permohonan warga untuk menambah pohon. "Sesuai intruksi Walikota Jakarta Utara program tahun 2012 ini ditargetkan menanam 1.000 pohon setiap bulannya," ucap Jaja.

Untuk menambah hutan kota itu, lanjut Jaja, pihaknya terus memotivasi warga, instansi, lembaga dan stakeholder yang memiliki lahan kosong dan berpotensi dijadikannya ruang terbuka hijau untuk hutan kota. "Kami akan bantu bibitnya, bimbingan teknis pemeliharaan pohon, dan sosialisasi masyarakat mengenai guna pohon tersebut," tandasnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah