Headlines News :
Home » , » Pipa Olahan Migas Pertamina di Indramayu Bocor

Pipa Olahan Migas Pertamina di Indramayu Bocor

Written By Metro Post News on Rabu, 01 Februari 2012 | 15.47

INDRAMAYU--MP: Pipa limbah olahan minyak dan gas (migas) milik PT Pertamina EP Region Jawa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, bocor, Rabu (1/2). Biota laut di sekiranya pun terancam.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pipa limbah olahan migas yang bocor itu berada di pesisir Desa Limbangan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Kebocoran diketahui warga sejak Selasa (31/1) lalu. "Awalnya kami mendengar ada suara keras dari arah pipa," kata Wasnaji, salah seorang warga setempat.

Setelah diperiksa, ternyata suara keras tersebut berasal dari semburan air yang keluar deras dari pipa yang bocor. Air tersebut berwarna hitam dan semburannya mampu membentuk kubangan seluas lebih kurang empat meter dan dalam 1,5 meter. "Baunya pun sangat menyengat," kata Wasnaji.

Seorang aktivis Koalisi Masyarakat Pesisir Indramayu (Kompi) Fahmi Labib, mengkhawatirkan penrcemar perairan wilayah itu oleh limbah yang mengandung logam berat dan beracun tersebut mematikan biota laut. "Apalagi limbah tersebut langsung mengalir ke laut," katanya.

Sebelumnya pipa limbah tersebut terpendam di dalam tanah. Namun karena daratan itu terus menerus dihantam ombak, akhirnya pipa berwarna kuning itu kini berada di permukaan tanah. "Kami sudah mengambil sampel limbah dan sudah kami laporkan ke Kantor Lingkungan Hidup," kata Fahmi.

Humas PT Pertamina EP Region Jawa Dian Hapsari saat dimintai konfirmasi membenarkan bocornya pipa tersebut. "Sampel air dari pipa itu pun sudah diambil," katanya. Sampel tersebut kini tengah diuji di laboratorium.

Ditanyakan tentang penyebab bocornya pipa, Dian tidak bersedia menjelaskan. Ia hanya mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan inventarisasi kerugian dan dampak dari peristiwa itu.MI
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah