Headlines News :
Home » , , » Sejumlah Guru Datangi kejaksaan, Laporkan Oknum Pejabat Disdik Garut yg Suka Peras Dana BOS

Sejumlah Guru Datangi kejaksaan, Laporkan Oknum Pejabat Disdik Garut yg Suka Peras Dana BOS

Written By Metropost on Sabtu, 25 Februari 2012 | 14.31

GARUT, MP  -  Sejumlah guru dan aktivis anti korupsi di Garut, mendatangi kantor Kejaksaan Negeri di Jalan Raya Ahmad Yani Kota Garut. Mereka datang ke kantor tersebut guna melaporkan pemerasan oleh oknum pejabat Dinas Pendidikan Garut kepada kepala sekolah yang ada di Garut, terkait dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sejak tahun 2010 hingga saat ini. Jumlahnya mencapai Rp 4 juta untuk masing-masing kepala sekolah.
 
Menurut aktivis anti korupsi Garut Governance Watch, Agus Rustandi, awalnya para kepala sekolah dan guru yang tersebar di daerah ini tak mau melapor kasus pemerasan oleh oknum pejabat dinas ini.
 
Namun setelah merasa jengkel karena sejak tahun 2010 hingga kini mereka diperas setiap pencairan dana BOS, akhirnya sejumlah guru memberanikan diri  untuk melapor.
 
Selain melakukan pemerasan, oknum pejabat Dinas Pendidikan pun kerap mengancam akan memutasi guru dan kepala sekolahnya jika mereka tak menyetorkan sebagian uang sekolah dari dana BOS.
 
Hasil investigasi di lapangan dengan jumlah 1000 Sekolah Dasar yang tersebar di Garut menjadi korban pemerasan. Agus Rustandi juga melaporkan kasus dugaan korupsi dana BOS di lingkngan Dinas Pendidikan Garut dengan kerugian negara mencapai Rp 3 miliar hingga Rp 7 miliar.
 
Menurut Kepala Seksi Intelejen Kejari Garut, Koswara, pihaknya akan mempelajari laporan  dugaan korupsi tersebut. Selain akan melakukan penyelidikan di lapangan, pihak Kejari akan langsung investigasi ke tiap sekolah yang menjadi korban pemerasan oknum pejabat Dinas Pendidikan Garut.
 
Sementara saat sejumlah wartawan akan konfirmasi ke pihak Dinas Pendidikan Garut, tidak ada yang berani komentar. Mereka lebih memilih menutup diri dengan alasan yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah