Headlines News :
Home » » Warga Bogor Barat Desak Pemekaran Dipercepa

Warga Bogor Barat Desak Pemekaran Dipercepa

Written By Metro Post News on Selasa, 14 Februari 2012 | 01.12

Warga di Kabupaten Bogor bagian Barat mendesak agar proses pembentukan wilayah Bogor barat sebagai daerah otonom baru dipercepat. Pasalnya dari berbagai kajian yang dilakukan Tim Independent dan pemerintah Provinsi (Pemrov) Jabar menunjukkan bahwa wilayah Bogor barat tersebut layak dibentuk sebuah peme-rintahan daerah baru dengan nama Kabupaten Bogor Barat.
Ketua Pansus Pembentukan daerah otonom baru Kabupaten Bogor Barat, Dadeng Wahyudi mengatakan, keinginan warga Bogor Barat untuk menuntut pemekaran wilayah sudah sangat kuat. Dengan peme-karan maka, warga di Bogor Barat akan lebih punya peluang ikut menikmati kakayaan daerahnya, tidak seperti sekarang ini. Walaupun daerah Bogor barat menyumbangkan puluhan miliar Penda-patan Asli Daerah (PAD) tapi berapa yang kembali ke masyarakat di Bogor Barat, kata Dadeng.
Menurutnya dengan adanya persetujuan dari DPRD Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu, semakin menambah keyakinan warga di Bogor barat untuk menuntut pemekaran wilayahnya. Dengan potensi yang besar dan jumlah penduduk yang relatif sedikit, kami berkeyakinan kehidupan warga Bogor barat akan lebih baik lagi kedepan.
Sementara itu Sekretaris Tim Teknis Pembentukan daerah otonom baru Bogor barat Yudi Santosa mengungkapkan selain sektor pertambangan potensi alam yang dimiliki Bogor Barat yakni potesni wisata, diantaranya Gunung Salak Endah (GSE) di Kecamatan Pamijahan, Taman Nasional Gunung Halimun di Kecamatan Nanggung dan Sukajaya, Goa Gundawang di Kecamatan Cigudeg. Potensi paska tambang gunung pongkor di Kecamatan Nanggung, potensi arum jeram disungai Cikaniki, sungai Cianten dan Potensi wisata Budaya berupa situs kebon Kopi situs Jambu, situs Ciaruteun, dan Kampung ada urug di Kecamatan Sukajaya.
Sedangkan potensi unggulan lainnya di Bogor Barat lanjut Yudi yakni pertanian yang terdiri dari lahan basah sawah 29,054 hektar, tersebar di kecamatan Rumpin, Leuwiliang, Leuwisadeng, Cibungbulang, dan Tenjolaya. Lahan kering 12.011 hektar yang tersebar Leuwikiang, Pamijahan Cibungbulang, Ciampea, Tenjo dan Parungpanjang.
Perkebunan 4.768 hektar, tersebar di Kecamatan Rumpin, Cigudeg, Nangguung, Leuwiliang dan Sukajaya. Hutan Lindung seluas 29.796 hektar, hutan produksi seluas 11.583 hektar. Peternakan besar di Kecamatan Leuwiliang, Ciampea, Ciubungbulang, dan Cigudeg. Sumber air Das Cisadane, Cimanceuri dan Sub das ciujung, dan situ sebanyak 45 buah tersebar di tujuh Kecamatan.
Untuk Pengembangkan pada level ekonomi mikro kami akan mendorong konsep one village one product (satu sentra produksi satu kompetensi inti), mendorong konsep pengembangan desa menge-pung kota untuk membetuk system-sistem pemasaran yang efektif. Mendorong keterkaitan pengembangan lokal ekonomi setiap sentra produksi dengan ekonomi pasar. Peningkatan aksesibilitas dan jaringan interaksi antar sentra produksi dalam satu cluster, ungkapnya.
Dijelaskannya realisasi PAD Kabupaten Bogor Barat pada tahun 2007 lalu yakni sebesar Rp75 miliar yang terdiri dari pajak daerah sebesar Rp20,1 miliar, Retribusi Rp4,6 miliar, perimbangan Rp51,4 miliar, perimbangan propinsi Rp3,7 miliar. Total APBD berdasarkan kajian untuk tahun 2008 Rp375 miliar. Tapi kemungkinan bisa terus bertambah karena, masih banyak potensi yang belum dioptimalkan dan yang belum tergali, kata Yudi.
Dibagian lain Yudi mengatakan untuk calon Ibukota Bogor Barat Tim Pokja telah berkoordinasi dengan pihak perkebunan PTP VIII Cikasungka untuk penyediaan lahannya seluas 50 hektar, sementara pemkab memiliki HPL seluas 100 hektar di Kecamatan Jasinga.
Sedangkan untuk pasarana pendidikan SD 820 negeri dan swasta, SMP 152 negeri swasta, SMA dan sederajad 77 sekolah. Untuk infrastruktur jalan ruas jalan 152 ruas dengan panjang 64.818 KM, jumlah terminal dua buah, pasar 35 buah. Fasilitas kesehatan 362 buah.(JR)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah