Jakarta, MP - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto mengatakan, pelaksanaan Pilkada Aceh pada Senin (9/4) berjalan lancar dan diharapkan masyarakat Aceh dapat memilih siapa pemimpinnya.

"Penyaluran distribusi logistik pemilu sudah dilakukan dengan baik. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada pada Senin ini dapat berlangsung dengan baik tanpa ada insiden apa-apa," kata Djoko di sela-sela peringatan HUT TNI AU Ke-66 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin.

Ditempat yang sama, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo juga mengatakan hal senada, bahwa pelaksanaan Pilkada Aceh berjalan lancar, baik Polri maupun TNI akan terus mengawal proses ini hingga tahap akhir.

"Alhamdulillah tahap pertama dalam pemungutan suara di Aceh berjalan lancar, sehingga demokrasi di Aceh akan semakin bagus," kata Kapolri.

Pada tahapan selanjutnya, yakni penghitungan suara dan kotak-kotak suara akan ada berada dalam pengawalan ketat aparat keamanan, baik Polri maupun TNI.

Terkait penambahan pasukan, tambah Timur, akan disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Tergantung kondisi, yang pasti pengamanan TPS, pengamanan kotak suara akan jadi titik perhatian," katanya.

Pemilihan gubernur/wakil gubernur berlangsung serentak dengan pemilihan 17 bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota di Aceh.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan jumlah pemilih pada Pilkada Aceh 2012 sebanyak 3.244.729 orang dengan TPS sebanyak 9.786.