Headlines News :
Home » , » Ratusan Warga belum Terdaftar Pemilu Kada Jakarta

Ratusan Warga belum Terdaftar Pemilu Kada Jakarta

Written By Jainal Fatmi on Jumat, 04 Mei 2012 | 19.28

JAKARTA, MP - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) menemukan sekitar 30 persen warga Jakarta yang punya hak suara belum terdaftar sebagai peserta dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) DKI pada 2012.

Hal itu terungkap saat KIPP Jakarta melakukan pemantauan di lapangan terhadap seluruh proses dan tahapan pemilu kada yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI.

"KIPP menemukan sebanyak 30,25 persen dari 182 warga Jakarta tersebar di lima wilayah Ibu Kota yang mempunyai hak pilih ternyata belum terdaftar. Sebanyak 64,58 persen di antaranya merasa enggan atau tidak mau berusaha untuk mendaftarkan diri. Alasan lain ketidaktahuan maupun kesibukan mereka sehari-hari, kata Ketua KIPP Jakarta Wahyudinata di Jakarta, Jumat (4/5).

Yang menarik dari temuan itu di lapangan adalah beberapa pemilih yang mengetahui diri mereka terdaftar mendapatkan anggota keluarga mereka yang satu rumah ada yang tidak terdaftar. Padahal pada pemilu sebelumnya mereka terdaftar sebagai pemilih.

Kesalahan yang ditemukan dalam pendataan pemilih tersebut lebih banyak ditemukan di perumahan elite. Karena, para petugas pemutakhiran data pemilu (PPDP) tidak bertemu langsung dengan kepala keluarga atau pemilik rumah.

Petugas hanya bertemu dengan pembantu rumah tangga atau satpam yang menjaga rumah. Jadi, bisa saja datanya tidak valid sehingga membuka peluang terjadi penambahan atau pengurangan data pemilih di rumah tersebut.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah