Headlines News :
Home » , » DAS Kali Cibolang Dan Kali Cipangaur Tercemar

DAS Kali Cibolang Dan Kali Cipangaur Tercemar

Written By Metro Post News on Selasa, 19 Juni 2012 | 18.29


Kabupaten Bogor MP. Masyarakat Desa Cinta manic Kecamatan Cigudeg keluhkan kali Cibolang yang sudah tidak layak untuk digunakan, diduga mengalir dari gunung Cihideung yang berasal dari PT. Bintang Mineral Grup termasuk didalamnya PT. Roncen yang membuang limbah cairan B3 dan mengandung kimia berbahaya kekali Cibolang daerah aliran sungai Cipangaur.


Padahal kita ketahui menurut Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air. Bahwa air merupakan sumber daya alam yang memenuhi hajat hidup orang banyak, sehing gaperlu di pelihara kualitasnya agar tetap bermanfaat bagi hidup dan kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya. Perusahaan yang tidak memiliki izin pembuangan air limbah dapat dikenai Pasal 40 ayat (1) tentang aturan pemerintah No. 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan air dan pengendalian air yang berbunyi setiap dan atau kegiatan yang membuang limbah ke air atau sumber air wajib mendapat izin tertulis dari Bupati atau Walikota. 


Menurut masyarakat Desa Cintamanik PT tersebut beroperasi sudah sejak lama sekitar 2007/2008 dan waktu itu antara masyarakat dan pihak PT tersebut telah dibuat surat pernyataan tertulis bahwa pihak PT tidak akan melakukan kegiatan selama permasalahan ini belum ada klarifikasinya terutama tentang pembuangan limbah cairan B3 yang sangat dikeluhkan warga masyarakat Desa Cintamanik. Setiap orang berhak untuk usaha, asal masyarakat sekitar terutama pengguna air tidak merasa dirugikan, tapi sampai saat ini limbah yang membahayakan kesehatan warga terkadang masih saja mencemari sungai seperti biasa. 


Saya sebagai warga masyarakat Desa Cintamanik mengharapkan bagaimana caranya kali Cibolang bersih seperti semula. 


M Sanif Kades Cintamanik saat di konfirmasi Metro Post melalui telepon seluler, “PT. Bintang Mineral Grup termasuk didalamnya PT. Roncen ke daerah Desa Banyuwangi, dan saya berharap adanya penertiban. Seharusnya dibuatkan MCK di beberapa titik sesuai masyarakat yang membutuhkan.”(EKON/OSCAR)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah