Headlines News :
Home » » Kemajuan Kolaka Utara Ditangan Pasangan, Rusda Mahmud – Bobby Alimuddin, SE

Kemajuan Kolaka Utara Ditangan Pasangan, Rusda Mahmud – Bobby Alimuddin, SE

Written By Metropost on Kamis, 21 Juni 2012 | 20.35

KOLUT, MP - Kabupaten kolaka utara yang merupakan daerah hasil pemekaran kabupaten kolaka adalah satu daerah kabupaten yang memiliki potensi sumber daya alam dan hasil tambang yang cukup melimpah yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kolaka utara.
Bercermin dari pengalaman Jilid satu Bupati Rusda Mahmud yang kini terpilih kembali untuk menakhkodai kabupaten kolaka utara berpasangan dengan bobby Alimuddin, SE masa bakti 2012-2017.Di bawah kepemimpinan Rusda Mahmud pada priode 2008-2012, sejumlah capain pembangunan telah di wujudkan dan di rasaklan oleh masyarakat kolaka utara.
Kolaka utara yang merupakan derah dimana daerah di mana  85 % penduduknya bekerja sebagai petani, bahkan kolaka utara adalah merupakan penyangga sector pembangunan di Sulawesi-tenggara dengan komuditi unggulan antara lain adalah kakao,cengkeh,kelapa dan lainya yang di usakan melalui usaha perkebunan rakyat. Kakao merupakan komoniti perkebunan . pada tahun dimana pada tahun 2009 komuditi unggulan ini mengalami peningkatan produksi hingga 151,3% lebih baik dari tahun sebelumnya.
Pada kisaran tahun 2009 hingga saat ini, telah terjadi perkembangan baru di sector perkebunan dengan maraknya produksi yang berasal dari komunitas  tanaman nilam sebagai bahan baku minyak aksiri, komuditas ini terus di buru di pasaran, baik di tingkat regional,nasional maupun manca Negara.Hal ini telah mendorong laju produksi komoditas tanaman nilam hingga dengan luasan puluhan ribu hektar.demikian pula pada sector pertanian lainnya, yakni pertanian tanaman pangan, peternakan,perikanan,kelautan dan kehutanan juga mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan.
Pada sektor jasa dan kontruksi , seiring dengan perkembagan pembagunan dalam segala aspek , sebagai kabupaten baru, kolaka utara juga mengalami pertumbuhan sector kontruksi yang sangat pesat. Hal ini terjadi dalam upaya pemenuhan sarana dan prasarana wilayah, terutama dalam rangka memenuhi fasilitas pelayanan dasar.Pengankutan dan komunikasi juga meningkat tiga belas kecamatan lain telah mendapatkan akses komunikasi meskipun hanya menggunakan GSM.
Untuk pengembanga potensi daerah ,beberapa  fakta menunjutkan bahwa potensi perekonomian daerah  yang dapat di kelolah sebagai kekuatan antara lain potensi sumber daya alam dan sumber lain yang belum di kelolah secara optimal. Sisten tataran transportasi lokal yang perlu dikembangkan untuk mendukung dan menciptakan efesiensi dan efektifitas pengelolaan sumber daya ekonomi daerah dan meningkatkan nilai kompetetif dalam merebut investasi.
Kekutan sumber daya manusia yang memiliki karakter social wilayah yang milti etnis dan multi cultural serta bersifat terbuka yang sling membaur menyebabkan stabilitas politik lebih stabilitas polik lebih stabil dan jauh konflik.dalam rangka penembangan MP3EI (Masterplan percepatan dan peluasan pembangunan ekonomi Indonesia) dan propinsi Sulawesi tenggara sebagai kawasan ekonomi khsusus pertambangan, kabupaten kolaka utara sebagai daerah pertanian yang memiliki potensi perikanan dan pertambangan berada posisi yang sangat di untungkan.

Dengan kata lain, skala prioritas pembangunan yan telah dilaksanakan meliputi pembanguna infrastruktur dasar jalan dan jembatan bangunan yang ada serta pembangunan kantor bupati, perkantoran  masjid agung di mana pembangunannya  selain anggarannya bersumber dari APBD juga berkat swadaya SKPD dalam lingkup pemkab kolut. Yang kesemuanya itu adalah merupakan lanjutan pembangunan menuju kolaka Utara TRAMS, terdepan, mandiri, sejahtera dan regilius.
Berdasarkan evaluasi  tersebut, melalui  gambaran visi misi daerah kolaka utara 2012-2017 dibawah pemerintahan  Rusda Mahmud dan Bobby Alimuddin SE, melalui visi “ semua untuk rakyat” adalah komitmen pemerintah untuk memajukan segala aspek kehidupan masyarakat secara proporsional sesuai dengan profesi wilayah diseluruh wilayah kolaka utara. Dalam konsep pembangunan yang utuh, pemerintah tidak berbeda-bedakan warnanya, selain hukum tiap waraga masyarakat  memiliki hak yang sama kedudukannya dalam hukum  dan pemerintahan .
sesunggunya pemberian perang, kewenangan dan tanggug jawab kepada pemerintah daerah adalah untuk melayani rakayat secara baik, lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Jika dalam dunia pemerintahan ‘prinsipnya adalah rakyat  adalah raja” maka dalam dunia pemerintahan ,prinsipnyua adalah rakyat adalah” untuk itu agar pelayanan prima kepda masyarakat dapat diwujudkan, maka perlu di lakukan repormasi birokrasi, guna menhadirkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip Good governance dan clean government.     
Hal ini sejalan dengan strategi pembagunan nasional dengan tiga strategi yaitu strategi, Pro-growth, pro-job, dan pro-poor. Dimana capain visi tersebut akan terinplementasi dalam 6 misi capain yaitu, Meningkatkan kemakmuran dan kualitas hidup rakyat secara merata, Meningkatkam daya dukun infrastruktur wilayah dan prasarana pelayanan dasar, Meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat melalui reformasi birokrasi,Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,Memenciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat,Meningkatkan kualitas dan penataan lingkungan hidup.
Strategi pembangunan daerah adalah merupakan penjabaran visi,misivyang akan ditempuh dalam mengimplementasikan dan mewujudkan visi dan misi kepada daerah . strategi pembangunan daerah merupakan payung dalam merumuskan kebijakan dasar ,. Program dan kegiatan pembangunan yang akan di laksanakan pada setiap satuan kerja perangkat daerah.
Masyarakat kolaka utra pun berharap besar pada kepamimpinan yang kedua Bupati Rusda Mahmud yang kini terpilih kembali bersama pasangannya Bobby Alimuddin SE, maka kesejahteraan masyarakat akan dapat dicapai.(***)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah