Headlines News :
Home » , » Petani Wonosobo Tolak RPP Tembakau

Petani Wonosobo Tolak RPP Tembakau

Written By Marmutilia on Kamis, 28 Juni 2012 | 17.32



Kab.Wonosobo, MP - Surat penolakan terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur pertembakauan dikirim ke Pusat. Di dalamnya juga dijelaskan beberapa pertimbangan yang berakibat jutaan petani dan pekerja tembakau terancam kehilangan pekerjaan.
Ketua DPRD Wonosobo, Joko Wiyono, memastikan secara resmi telah mengirimkan surat dukungan kepada Wakil Ketua DPR RI Pramono Agung perihal penolakan dewan setempat terhadap RPP Tembakau. Menurut Joko, semua peraturan yang tercantum dalam RPP tersebut tidak sesuai dan membuat rakyat resah. Pihaknya juga sudah mempelajari beberapa poin penting dan ada indikasi RPP dijadikan pemodal asing untuk merusak pertanian tembakau.
''Kami sudah pelajari dan menolak rancangan demi rakyat banyak,'' jelasnya. Selain itu, Joko mengungkapkan, Dewan setempat mendapat dukungan anggota Komisi III DPR RI yang membidangi hukum. ''Akan melakukan lobi secara serius ke DPR RI mendukung penolakan RPP tersebut,'' katanya, kemarin (26/6).
Pihaknya juga mengatakan rakyat diminta ikut memantau perkembangannya. Menurutnya, pengawalan terhadap aspirasi sangat penting agar tidak mandek di tengah jalan.
''Rakyat dipersilakan memantau terhadap aspirasi yang sudah disampaikan,'' imbuhnya.
Ketua Laskar Kertek Wonosobo, Tambah Prasetyo, mengatakan, pihaknya akan mendesak pemerintah daerah dan legislatif untuk membantu penolakan RPP tembakau tersebut. Pada tanggal 2 Juli mendatang perwakilan petani tembakau akan menggeruduk ke Jakarta menyampaikan aspirasi.
''Kami akan melakukan berbagai upaya agar aspirasi petani tak diabaikan,'' jelasnya.
Diberitakan sebelumnya, Bupati Wonosobo, Kholiq Arif, dan sejumlah anggota DPRD juga sudah menyatakan dukungannya kepada Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) dan Laskar Kertek Wonosobo yang menolak RPP mengenai pembatasan penggunaan produk tembakau.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah