Headlines News :
Home » , » Polisi Tidak Dipercaya Lagi, Elit Berduit Bermain

Polisi Tidak Dipercaya Lagi, Elit Berduit Bermain

Written By Jainal Fatmi on Selasa, 19 Juni 2012 | 21.37

Rusuh Batam

JAKARTA, MP - Kerusuhan di Batam, Kepulauan Riau, kemarin harus menjadi perhatian khusus kepolisian karena ada indikasi aparat sudah tidak dipercaya lagi oleh masyarakat. Apalagi, ada kemungkinan permainan sekelompok elit yang mengadu dua kelompok masyarakat.

Bentrok dua kelompok massa di Hotel Planet Holiday, Batam, dipicu oleh sengketa keperdataan antara kelompok PT HM dengan kelompok PT LWE. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman menuturkan, bentrokan terjadi sekitar pukul 16.00 kemarin.

"Ini harus jadi perhatian kepolisian karena kalau tidak dicari solusinya permasalahan seperti ini akan terus merentet sampai keluar Batam. Terutama antara kedua etnis yang terlibat,"  kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Nasir Djamil, kepada wartawan di ruang kerjanya, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/6).

Legislator PKS asal Aceh itu meminta kepolisian bisa membaca situasi atas kemungkinan munculnya konflik-konflik internal di Indonesia. Jangan sudah ada masalah baru turun tangan. Selain itu, kerusuhan di Batam yang melibatkan dua kelompok massa dianggapnya sebagai kendali orang-orang yang lebih berkuasa.

"Oknum-oknum preman itu memang sudah dibayar untuk menjaga lahan oleh elit tertentu, jadi ya mereka akan berusaha melindungi lahan itu semampu mereka," katanya.

Menurutnya, lahan yang dijaga itu nantinya akan dijadikan perumahan. Terkait dengan masalah ini, menurut Nasir, maka kesalahan terletak pada Badan Pertanahan setempat.

"Ini terkait dengan kinerja badan pertanahan yang harus mengelola dan mengatur lahan-lahan yang ada di Batam. Semrawutnya tata ruang dan administrasi pertanahan yang bobrok juga bisa menyulut bentrok," lanjutnya lagi.

"Bisa saja disini ada kepentingan elit tertentu dimana mereka berusaha mengamankan lahannya dengan menyewa kelompok etnis tertentu. Ini menunjukkan masyarakat kurang percaya kepada kepolisian," tututpnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah