Headlines News :
Home » , » Ribuan Lampu Jalan di Jakarta Utara Padam

Ribuan Lampu Jalan di Jakarta Utara Padam

Written By Jainal Fatmi on Jumat, 29 Juni 2012 | 21.53

JAKARTA, MP - Sebanyak 1.395 penerangan jalan umum (PJU) di wilayah Jakarta Utara diketahui dalam kondisi padam. Kondisi ini tentu saja sangat membahayakan pengendara terutama pada malam hari. Jika hal ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan timbulnya korban jiwa.

Padamnya PJU di wilayah Jakarta Utara antara lain disebabkan, getaran, jaringan kabel, kerusakan komponen, utilitas bawah tanah, dan vandalisme.

Kepala Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, Remulsi Napitupulu mengatakan, pihaknya mencatat sejak Desember 2011 hingga Mei 2012 terdapat 13.483 PJU yang padam. Sebanyak 12.088 diantaranya telah diperbaiki. Sedangkan sisanya sebanyak 1.395 PJU masih padam dan akan diperbaiki secara bertahap. "Ribuan PJU yang padam itu tersebar di enam kecamatan yang ada di Jakarta Utara. Semuanya akan kami perbaiki secara bertahap," ujar Remulsi, Selasa (26/6).

Perbaikan PJU di Jakarta Utara, kata Remulsi, lebih mengedepankan aduan dari masyarakat daripada mensurvei dengan berpatroli memonitoring lampu yang padam dan rusak. "Sekarang masyarakat lebih peduli dengan padamnya lampu, sehingga petugas langsung memperbaiki lampu berdasarkan aduan dari masyarakat," katanya.

Ia mengakui, seluruh lampu yang padam itu tidak sepenuhnya dapat terlayani dan diperbaiki dengan baik. Sebab, dari tiga hingga empat aduan masyarakat mengenai PJU yang padam per kecamatan, hanya mampu dicover tiga aduan saja. Sisanya akan diperbaiki secara bertahap. "Tentunya hal ini dikaitkan dengan kemampuan personil dan komponen kami. Karena masing-masing kecamatan hanya ada dua petugas yang melayani aduan tersebut, sehingga belum mampu semuanya dicover. Selain itu, anggaran perawatan untuk enam bulan hanya Rp 200 juta per kecamatan. Padahal, idealnya Rp 1 miliar. Ini juga kendala bagi kami," ucapnya.

Rencananya, dikatakan Remulsi, tahun depan, Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta akan membuat program penggantian lampu dan jaringan besar-besaran, seperti pemakaian lampu LED dan tenaga surya, sehingga bisa menghemat listrik 50 persen namun tidak mengurangi kualitas cahaya dan juga usia lampu menjadi lebih lama. "Minimal pemasangan lampu tersebut berada di jalan protokol. Selain itu juga ada pemasangan kamera CCTV dan penyediaan mobil tangga untuk operasional perbaikan lampu," ungkapnya.

Pantauan wartawan saat malam hari, di beberapa ruas jalan terlihat sejumlah lampu PJU yang kondisinya padam maupun redup. Di antaranya di Jl Pegangsaandua dan Jl Inspeksi Kali Sunter. Hal ini tentu saja menyebabkan kondisi jalan menjadi gelap serta jarak pandang yang terbatas.

Rizal (25) salah seorang pengendara yang kerap melintasi Jl Inspeksi Kali Sunter saat malam hari mengatakan, dirinya merasa khawatir saat melintas di jalan tersebut. "Kalau malam di sini gelap, bahkan lampu motor saya lebih terang dibanding lampu jalan. Saya harap intansi terkait memperbaiki lampu PJU yang padam maupun redup agar pengguna jalan merasa aman dan nyaman saat berkendara," tandasnya. 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah