Headlines News :
Home » , » Aliran Sungai Sa’dan Tercemar Bakteri Coli

Aliran Sungai Sa’dan Tercemar Bakteri Coli

Written By Jainal Fatmi on Kamis, 19 Juli 2012 | 20.29


RANTEPAO,MP-Bentangan aliran Sungai Sa’dan yang membelah Kota Rantepao dan Makale,tingkat pencemarannya kian hari semakin mengkwatirkan.Walaupun demikian,hal itu rupanya kurang mendapat perhatian dari Pemerintah setempat,terbukti limbah yang berasal dari kotoran ternak dan manusia serta limbah lainnya masih saja terlihat,sungai Sa’dan menjadi pembuangan akhir  bagi warga yang bermukin disekitar bantaran sungai.
Melihat tingkat pencemaran kian hari semakin parah,membuat salah seorang pemerhati lingkungan,Aloysius Lande angkat bicara,meminta kepada Pemerintah setempat peduli serta melakukan langkah kongkrit guna mencegah pencemaran itu.
Sungai Sa’dan menjadikan Kota Rantepao dan Makale memiliki keunikan tersendiri,mestinya kebersihan Sungai tersebut dijaga kebersihannya.” Pemerintah mestinya peduli kebersihan sungai itu,melakukan gerakan moral kota bersih, kota sehat untuk masyarakat Toraja Utara,”kata Aloysius.
Sementara ditempat terpisah,Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Toraja Utara,Ir Nani Tumangke,MH,mengakui Sungai Sa’dan telah tercemar bakteri coli sangat tinggi serta tercemar zat logam yang dapat mengancam kesehatan warga jika mengkunsumsi air tersebut.
Dari pengakuan Nani,guna menimalisasi terjadinya tingkat pencemaran semakin meluas,pihaknya berupaya melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan sungai dari kotoran sampah dengan melibatkan gereja-gereja yang ada.”ya kita cobalah menimalisasi  pencemaran itu,”ungkap Nani kembali.
Nani kembali mengungkapkan,perlunya ketegasan pemerintah serta kehati-hatian mengeluarkan IMB,serta melakukan control chek setiap rumah,utamanya warga yang berdomisili di sepanjang bantaran sungai sa’dan terkait dengan safety tanks (jamban) agar tidak membuang limbahnya di sungai.(gede).
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah