Headlines News :
Home » , » Kebakaran Lawu Dipantau 24 Jam

Kebakaran Lawu Dipantau 24 Jam

Written By Metro Post News on Selasa, 24 Juli 2012 | 20.41

KARANGANYAR,  – Kebakaran yang melanda puncak Gunung Lawu bagian timur terus dipantau. Selama 24 jam, petugas secara bergantian naik ke puncak Hargodalem untuk melakukan pemantauan. Dari puncak tertiggi itu, seluruh kawasan di bawahnya bisa terlihat.
"Kami memiliki beberapa personel yang ditempatkan di puncak. Secara bergantian ada yang naik utuk berjaga dan memantau, melaporkan perkembangan yang terjadi," kata Maryono, anggota SAR Tawangmangu yang juga salah satu koordinator Anak Gunung Lawu (AGL).
Bersama dengan petugas Perhutani Surakarta, Perhutani Jateng, personel SAR dan AGL melakukan pemantauan. Sejauh ini belum ada perkembangan yang signifikan, karena kebetulan sejak Senin sore hingga hari ini, tiupan angin berubah arah.
"Kami sempat khawatir karena angun bertiup kencang ke arah wilayah Karanganyar. Karena itu api sempat masuk sedikit ke petak I di Nglerak. Namun setelah itu, angin berbalik arah sehingga api tidak jadi menjilat banyak di petak I," kata dia.
Arah tiupan angin memang sangat menentukan terbakar atau tidaknya areal yang masuk  Karanganyar. Sebab kencangnya angin di puncak, bisa dengan cepat mendorong api menyebar sangat cepat, membakar rerumputan alang-alang kering maupun pohon pinus yang juga dalam keadaan kering akibat kemarau.
Yang paling parah saat ini, kata dia, memang bagian yang masuk di wilayah Jogorogo, Magetan. Asap tebal bisa terlihat dari puncak Hargodalem serta titik api yang terlihat sangat kecil, karena jauhnya lokasi yang terbakar di areal tersebut.
"Kalau dengan mata telanjang dan dilihat dari puncak, terutama jika sudah mulai petang, memang akan kelihatan ada titik api. Tetapi kecil sekali karena mungkin lebih dari 5 kilo atau malah puluhan kilometer ke arah areal Magetan," kata dia
Pihaknya sampai saat ini masih kesulitan mendapatkan informasi lokasi kebakaran tersebut di petak keberapa, di areal Jogorogo. Perhutani Magetan masih belum memberikan lagi perkembangan yang terjadi sampai Selasa siang.(SM)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah