Headlines News :
Home » » KPU DKI Tetapkan Putaran Dua Pemilukada

KPU DKI Tetapkan Putaran Dua Pemilukada

Written By Jainal Fatmi on Jumat, 20 Juli 2012 | 21.23


JAKARTA, MP - Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menetapkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI putaran dua akan diikuti oleh dua pasangan calon. Para kontestan adalah yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada putaran pertama.
Kedua pasangan calon yang berhak maju ke putaran dua tersebut yakni pasangan calon nomor urut 3, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dan nomor urut 1, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Sesuai rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi, pasangan calon nomor urut 3 memperoleh suara 42,60% dan pasangan calon nomor urut 1, sejumlah 34,05%.

"Setelah dihitung tidak ada yang mencapai suara di atas 50 persen. Sesuai UU No 29 tahun 2007, Pilkada dilanjutkan ke putaran kedua," ujar Ketua KPU DKI, Dahliah Umar, di kantor KPU DKI Jakarta, Jumat, 20 Juli 2012.

Penyelenggaran Pemilukada DKI putaran dua akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU DKI sejak awal, yakni 20 September 2012.

Terkait data Daftar Pemilih Tetap (DPT), Dahliah menyatakan sementara masih tetap menggunakan data putaran pertama.

"Karena belum ada payung hukumnya. Kami belum terima peraturan perbaikan DPT dari KPU pusat secara hitam di atas putih," jelasnya.

KPU DKI mengacu pada peraturan yang berlaku, yakni Keputusan KPU DKI No 12 Tahun 2010. "Keputusan itu menyebutkan bahwa tidak ada pemutakhiran data DPT," kata Dahliah.

Namun, adanya tuntutan sejumlah pihak karena banyak pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT membuat KPU DKI harus membahas masalah itu besok di hadapan para tim sukses pasangan calon.

"Terlepas apakah itu signifikan atau tidak, tetapi kami akan berusaha untuk mencari payung hukum suapaya itu bisa diusahakan," ujarnya. 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah