Headlines News :
Home » , » Panen Tembakau Diharapkan Membaik

Panen Tembakau Diharapkan Membaik

Written By Marmutilia on Kamis, 12 Juli 2012 | 10.00


Kab. WONOSOBO - Membaiknya kondisi cuaca menjadi harapan tersendiri bagi petani tembakau Wonosobo, hasil panen bulan depan diprediksikan membaik. Meskipun pada tahap awal tanam petani mengalami kekhawatiran karena banyak bibit yang layu dan mati, tetapi berangsur kondisi tanaman membaik. 

Sebagaimana yang terjadi di Kecamatan Watumalang, misalnya, pada tahap awal tanam, banyak tanaman tembakau yang mati dan jumlahnya mencapai ribuan pohon. Tetapi beruntung tanaman pengganti dapat tumbuh subur hingga kini. ”Insyaallah panen depan hasil akan baik,” kata Kades Mutisari, Mahyatun Mukhotib Abidin, Rabu (11/7). 

Diterangkan, beberapa bulan ini kondisi cuaca sangat mendukung tanaman tembakau yakni tidak begitu banyak hujan, sehingga kelembaban tanah di wilayah Watumalang turun. Begitu pula tanaman tembakau yang ada di wilayah Kecamatan Kertek dan Kalikajar, kondisi membaik. Pertumbuhan tanaman terlihat segar dan tidak terdapat gejala terkena penyakit. Menurut Kades Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Mukholiq, petani di kawasan lereng Gunung Sumbing terlihat senang karena tanaman tembakaunya tumbuh subur. 

Diharapkan hasil panen yang jatuh pada Agustus-September mendatang dapat melebihi hasil panen musim lalu. Disebutkan, tanam tembakau memang gampang-gampang susah, karena sangat bergantung dengan kondisi alam. 
Tanaman tembakau terbilang cukup sensitif, jika kelembaban tanah tinggi maka tanaman akan mati, begitu pula sebaliknya, jika terlalu kering tanaman juga akan mati.”Bagusnya ada hujan tetapi tidak begitu banyak, sehingga tanah masih tetap kering,” paparnya. 

Terkait harga jual tembakau, Mukholiq mengatakan, petani sampai saat ini belum bisa memprediksi harga tembakau bulan depan. Apalagi saat ini masih terjadi gejolak terkait RPP tembakau. ”Harga bisa saja naik atau turun. Kami belum bisa memprediksi,” tuturnya. Namun dekmikian pihaknya berharap agar harga jual tembakau bisa naik, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan petani cukup banyak.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah