Headlines News :
Home » » Pilkada Jawa Barat Akan Habiskan Dana Rp 1 Triliun

Pilkada Jawa Barat Akan Habiskan Dana Rp 1 Triliun

Written By Jainal Fatmi on Jumat, 20 Juli 2012 | 21.38

BANDUNG, MP - Gubernur Ahmad Heryawan meneken akta hibah untuk membiayai KPU Jawa Barat menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2013 nanti. "Jumlah keseluruhannya Rp 1,047 triliun," kata dia  di Gedung Sate Bandung, Jumat 20 Juli 2012.

Rincian dana itu yakni,  Rp 759,9 miliar diperuntukkan bagi KPU Jawa Barat menggelar Pemilukada, Rp 151 miliar untuk keperulan Panita Pengawas, serta Rp 136,4 miliar untuk biaya pengamanan.

Khusus biaya pengamanan itu diberikan pada Polda Jawa Barat sebesar Rp 85,6 miliar, Polda Metro Jaya Rp 30,4 miliar, Kodam III/Siliwangi Rp 19 miliar, serta Kodam Jaya Rp 1,4 miliar. "Ini untuk pengamanan," kata Heryawan.

Menurut dia, anggaran itu seluruhnya digelontorkan tahun ini. Dengan meneken hibah itu, sebagian dana itu sudah bisa digelontorkan mulai hari ini.  Heryawan mengatakan, yang menyebabkan besarnya biaya pemilihan gubernur dan wakilnya itu di antarnaya, memabayari petugas pemilukada mulai dari PPK, PPS, hingga petugas di TPS. Dia mencontohkan, TPS di Jawa Barat jumlahnya lebih dari 74 ribu tempat, masing-masing petugasnya 7 orang. "Akhirnya hanya Rp 200 ribu untuk honor petugas KPPS itu," kata dia.

Dia menuturkan, dana itu baru diperuntukkan untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur untuk 1 putaran. "Tentu kalau dikhawatirkan ada 2 putaran, ada mekanisme pada APBD 2013," ujar kader Partai Keadilan Sejahtera yang akan maju kembali dalam pemilihan itu.

Pemilihan Gubernur Jawa Barat bakal dilakukan berbarengan dengan pemilihan kepala daerah di Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Bandung Barat. Khusus Bandung Barat, hingga saat ini belum ada kepastian bakal ikut bergabung. Perwakilan kabupaten itu menolak meneken kesepakatan bersama. 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post News - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah