Headlines News :
Home » , » Prosesi Hari Jadi Dilakukan Sederhana

Prosesi Hari Jadi Dilakukan Sederhana

Written By Marmutilia on Kamis, 26 Juli 2012 | 00.21


Kab. WONOSOBO - Prosesi, kirab dan upacara peringatan hari jadi Ke-187 Wonosobo, berlangsung sederhana, Selasa kemarin. Kirab budaya dan panji daerah yang tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan meriah, pada Ramadan ini disederhanakan. Peserta kirab hanya perangkat kecamatan, perangkat kelurahan dan desa serta RT/RW se Kabupaten Wonosobo. Mereka mengenakan busana adat Jawa.
Kirab yang biasanya start dari Jalan A Yani, saat ini didekatkan di jalan Pemuda (kawasan alun-alun). Aneka kesenian tradisional yang sebelumnya selalu menyertai kirab, sekarang tak lagi meramaikannya. Puncak kemeriahan hari jadi diagendakan dilaksanakan seusai Ramadan, di Alun-alun Kota Wonosobo, 25 Agustus 2012.

Prosesi hari jadi, dimulai Senin tengah malam oleh Himpunan Penghayat Kepercayaan Wonosobo, di kompleks pendopo kabupaten. Prosesi upacara berupa "rebutan" gunungan aneka hasil bumi, ditiadakan. Demikian halnya dengan pemberian air suci tujuh mata air kepada masyarakat, kali ini disederhanakan. Usai upacara, tidak banyak masyarakat yang berebut air suci tersebut.
Meski sederhana, kesemarakan upacara hari jadi mampu ditunjukkan oleh tari Angguk yang dibawakan puluhan pelajar. Gerakan gemulai dan terkadang energik yang ditampilkan gadis-gadis cantik, memberikan hiburan tersendiri. Demikian halnya ketika sendratari Dirgahayu yang dibawakan penari Sanggar Satria, juga memukau penonton. Diduga karena kepanasan, sebagian peserta upacara, meninggalkan tengah lapangan, untuk berteduh di bawah pohon beringin.

Bupati Wonosobo Drs. HA Kholiq Arif MSi dalam sambutan berbahasa Jawa, mengatakan, peringatan hari jadi bukan hanya milik pemerintahan dan masyarakat kota saja, tetapi milik bersama seluruh masyarakat Wonosobo. Sehubungan dengan itu, segenap lapisan rakyat daerah pegunungan itu diharapkan mendukung terwujudnya Wonosobo yang ASRI, yaitu Aman, Sehat, Rapi dan Indah . Dalam bidang keamanan, Kota Wonosobo dinobatkan sebagai kota teraman di Jateng. Sehubungan dengan itu, pihaknya bertekad mewujudkan Wonosobo yang aman dan sejahtera.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah