Headlines News :
Home » , » Soal Harga Sembako, LP2K Sentil Pernyataan Gubernur Jateng

Soal Harga Sembako, LP2K Sentil Pernyataan Gubernur Jateng

Written By Metro Post News on Rabu, 25 Juli 2012 | 21.05

SEmarang, Jawa Tengah, Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Semarang menilai pernyataan Gubernur Bibit Waluyo di media massa akan masih stabilnya harga kebutuhan pokok, tak sesuai dengan realita yang ada. 
Ketua LP2K Semarang Ngargono menyatakan, komentar gubernur itu merupakan bentuk pembiaran terhadap rakyat kecil.
"Saya kecewa dengan pernyataan harga sembako masih terjangkau dan stabil. Mungkin yang di sini (peserta rapat koordinasi-red) mampu dan terbiasa membeli beras 12 kilogram, tapi kondisi riilnya rakyat kecil kesulitan dengan kenaikan harga ini," kata Ngargono dalam sesi tanya jawab Rapat Koordinasi Ekuinda di gedung Grhadika Bakti Praja, kompleks gubernuran, Selasa (24/7). 
Menurut dia, harga telur kini mencapai Rp 17 ribu/ kilogram, beras standar medium Rp 8 ribu/ kilogram, sedangkan gula pasir antara Rp 12 ribu- 13 ribu/ kilogramnya. Kondisi demikian sudah cukup memberatkan rakyat kecil.
Menanggapi hal tersebut, Bibit Waluyo menegaskan, kenaikan harga ini akibat dari sentimen pasar.
"Itulah yang namanya sentimen pasar, pedagang mau cari untung setahun sekali. Saya sendiri sudah turun ke lapangan dan melihat kenaikan harga sembako ini tidak signifikan, terkecuali kalau harga telur satu butir Rp 100 ribu," tegasnya.
Sentimen pasar ini juga diakibatkan oleh masyarakat sendiri. Misalnya, mereka yang biasanya makan tempe, namun mendekati Lebaran makannya telur. Kondisi ini harus dipahami oleh LP2K Semarang. 
"LP2K seharusnya tidak ngandani (menasehati-red) gubernur, saya paham betul soal penderitaan rakyat. Namun, lembaga ini mestinya ngandani masyarakat untuk tidak membeli sembako berlebihan," ungkapnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah