Headlines News :
Home » » KPK Persilahkan Mabes POLRI Periksa Jend.Joko Lebih Dulu

KPK Persilahkan Mabes POLRI Periksa Jend.Joko Lebih Dulu

Written By Metropost on Jumat, 24 Agustus 2012 | 17.23

JAKARTA, MP  - Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan simulator Surat Izin Mengemudi, Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo hari ini, Jumat 24 Agustus 2012, diperiksa Mabes Polri.

Sementara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga menangani kasus tersebut, sampai saat ini belum memeriksa Jenderal Bintang Dua itu.

Mengenai "kalah start-nya" pemeriksaan terhadap Djoko oleh Mabes Polri, KPK merasa tidak masalah. Wakil Ketua KPK, Zulkarnean mempersilahkan Mabes Polri memeriksa lebih dulu Djoko.

"Ini kan dalam bagian penyidikan yang mereka lakukan," kata Zulkarnaen di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 24 Agustus 2012.

KPK, kata Zulkarnaen, tidak merasa kalah start oleh Mabes Polri dalam pemeriksaan Djoko. Menurut dia, baik Mabes Polri maupun KPK sudah memiliki jadwal pemeriksaan masing-masing terhadap Djoko.

"Perencanaan masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh tim penyidik. Lagi pula ini sama-sama untuk penegakan hukum," katanya.

Ditanya lebih jauh soal kapan pemeriksaan terhadap Djoko, Zulkarnaen mengaku, sudah dijadwalkan. Ia mengatakan, KPK telah menyiapkan waktu untuk memeriksa Djoko.

"Pemeriksaan sudah dalam perencanaan penyidik," kata Zulkarnaen tanpa menyebutkan kapan Djoko diperiksa KPK.

Seperti diketahui, KPK dan Polri sama-sama menangani kasus korupsi simulator untuk ujian SIM. Dalam proyek senilai Rp198,6 miliar itu ditemukan kerugian negara sekitar Rp100 miliar. KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini.

Mereka yakni Inspektur Jenderal Pol Djoko Susilo (eks Kakorlantas Polri), Brigadir Jenderal Pol Didik Purnomo (Waka Korlantas Polri nonaktif), Budi Susanto (Presiden Direktur PT Citra Mandiri Metalindo Abadi) dan Sukotjo Bambang (Direktur Utama PT Inovasi Teknologi Indonesia).

Sementara Bareskrim Mabes Polri telah menetapkan lima orang tersangka. Tiga di antaranya juga berstatus tersangka di KPK yakni Brigjen Didik, Budi Susanto, dan Sukotjo Bambang. Dua tersangka lain yakni Ajun Komisaris Besar Polisi Teddy Rismawan dan Kompol Legimo.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah