Headlines News :
Home » , » Pemrov DKI Jakarta, Akan Bangun Tanggul Raksasa

Pemrov DKI Jakarta, Akan Bangun Tanggul Raksasa

Written By Metropost on Jumat, 24 Agustus 2012 | 17.12

JAKARTA, MP - Untuk mengantisispasi kemungkina akan terjadinya banjir rob besar di Jakarta di tahun mendatang, pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tanggul raksasa. tanggul tersebut akan dibangun tahun ini.

"Kita ada di sebelah selatan dari tanggul yang dibuat khusus untuk proyek pengerukan anak sungai. Nah, pada bulan September nantinya akan dikerjakan," ujar Fauzi Bowo kepada wartawan di lokasi Pantai Timur Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (20/8) lalu.

Menurut Foke, proyek pembangunan tanggul tersebut akan didanai Bank Dunia dan menjadi pekerjaan rumah besar bagi Pemprov DKI Jakarta. "Pertama, kalau kita bisa menyelesaikan ini dengan tuntas maka tekanan banjir di Jakarta bisa berkurang hingga 30 persen, karena pembangunan ini secara menyeluruh dari hulu ke hilir sehingga nantinya hasilnya optimal," katanya.

Dikatakan Foke, yang menyebabkan Jakarta sulit keluar dari persoalan banjir adalah anak sungai dan saluran di Jakarta saat ini sudah berusia rata-rata 30 tahun dan tidak pernah diperbarui.

Jadi karena sudah lama tidak dikeruk maka cenderung nantinya dapat menggenangi dan meluber ke mana-mana. Jadi kita akan keruk dan akan kita lebihkan kapasitasnya, maka akan kita amankan lagi. Kalau di Kanal Banjir Timur (KBT) sudah kita buat, nanti juga di Kali Sunter, tambah Fauzi Bowo.

Ditambah Fauzi Bowo, di luar Jakarta, tepatnya di Teluk Jakarta, saat ini air laut telah dan semakin tinggi. "diperkirakan pada tahun 2025 kalau ada rob besar, bisa berakibat tidak menguntungkan bagi pantai utara Jawa. Karena itu, sekarang kita sedang menyusun protect plan untuk mengamankan Jakarta," kata Gubernur.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah