Headlines News :
Home » , » PT KA Luncurkan Kereta Mudik Ekonomi AC

PT KA Luncurkan Kereta Mudik Ekonomi AC

Written By Metro Post News on Selasa, 14 Agustus 2012 | 21.18


Jakarta,-PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan tiga rangkaian KA ekonomi AC di Stasiun Senen. Peluncuran ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api (KA) pada H-3 Lebaran.

Kereta yang disediakan terdiri 10 rangkaian untuk 800 penumpang, atau satu gerbong berkapasitas 80 orang. Sehingga dengan tiga rangkaian KA ekonomi AC tersebut mampu mengangkut sebanyak 2.400 penumpang.

Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan mengatakan, ketiga rangkaian ekonomi AC tersebut akan mengangkut penumpang ke Semarang dan Malang, dengan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan harga tiket eksekutif. Hanya Rp160 ribu untuk tujuan Malang dan Rp100 ribu ke Semarang.

Menurut Jonan, animo masyarakat terhadap angkutan kereta sebagai alat angkut mudik sudah sangat tinggi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Warga sudah tidak lagi mencari armada yang termurah, tetapi yang nyaman.

"Untuk memberikan kenyamanan perjalanan jarak jauh mereka. Jadi kalau nyaman, berapa pun mereka mau bayar,” kata Jonan saat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo melakukan tinjauan mudik ke Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Diharapkan dengan adanya kereta ekonomi AC baru bernama Gaya Baru Ekonomi AC ini, dapat menambah kapasitas untuk penumpang KA saat arus mudik Idul Fitri dan arus baliknya. Apalagi harganya tidak jauh beda dengan harga KA ekonomi yang harga tiketnya Rp37 ribu, dan sangat murah dibandingkan harga KA eksekutif sekelas argo yang mencapai Rp400 ribu.

Pada H-7, kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Senen sudah mengangkut 8.958 orang penumpang dengan menggunakan 20 rangkai kereta dengan tujuan Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang, Kroya, Jombang, Surabaya, Solo Balapan, Malang dan Tegal.

Lalu pada H-6, 13 Agustus 2012, juga ada 20 rangkaian kereta yang mengangkut 9.151 penumpang. Sedangkan hari ini, berdasarkan catatan hingga pukul 12.00 WIB, telah diberangkatkan penumpang sebanyak 9.098 orang.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan pelayanan di Stasiun Senen jauh lebih baik daripada tahun lalu. Ditambah tingkat kedisiplinan pengguna jasa KA yang sudah meningkat.  Masyarakat sudah tidak lagi antre bahkan sampai menginap untuk mendapatkan tiket. Mereka membeli tiket melalui agen atau melalui online.

Pembelian melalui minimarket memang  mengurangi tindakan percaloan tiket dan menjamin  tiket yang dipesan tidak akan ganda.

"Pelayanan di sini jauh lebih tertib, ini membuat penumpang lebih nyaman. Seperti bisa mereservasi tiket lewat Indomart yang ada hampir 5 ribu gerai. Mereka tinggal membawa struk pembelian dan menukarkannya di loket pembelian tiket. Jadi jauh lebih tertib,” kata Foke.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah