Headlines News :
Home » , » 12 Destinasi Wisata Pesisir Jadi Ikon di Lebaran Betawi Jakut

12 Destinasi Wisata Pesisir Jadi Ikon di Lebaran Betawi Jakut

Written By Metropost on Kamis, 13 September 2012 | 20.28

JAKARTA, MP – Bertempat di jalan perintis kemerdekaan (Lapangan bermis) Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Perayaan “Lebaran Betawi” yang digelar oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, berlangsung meriah dengan menampilkan ikon wilayah Jakarta Utara, yaitu 12 Destinasi Jalur Wisata Pesisir.  

            Dalam event tersebut, Jakarta Utara juga menyajikan penampilan Reog Ponorogo, tari tortor dari Batak, rebana, keroncong toegu, dan hiburan lainnya yang menggambarkan dinamika Jakarta Utara merupakan miniaturnya Indonesia karena memiliki 31 etnis  serta penampilan masakan khas betawi dan kuliner nusantara yang disajikan di 6 kecamatan di jakut.
Walikota Jakarta Utara H. Bambang Sugiyono merasa bersyukur dan bangga bisa menampilkan berbagai etnis yang ada di jakut, memang dengan banyaknya etnis di Jakut sudah dipastikan rawan gesekan, namun berkat kerukunan dan kebersamaan  yang kita bangun baik antar agama dan menciptakan rasa kekeluargaan antar etnis .
            Sementara itu Ketua Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi, Nachrowi Ramli ( Nara ) menegaskan bahwa gelaran Lebaran Betawi setiap tahun adalah pemersatu budaya yang ada di Jakarta .
            "Kalau ada yang bilang Lebaran Betawi diadakan untuk kepentingan sesaaat, tolong suruh belajar lagi. Lebaran Betawi itu diadakan setiap tahun," ungkapnya saat memberi sambutan di acara Lebaran Betawi, Senin (10/09).  
            Lebih jauh Nara , menjelaskan Lebaran Betawi ini dilaksanakan berkat kolaborasi dan kerja keras Pemda DKI dan Bamus Betawi.
"Inilah karya yang kita laksankan berdasar Undang-undang Nomor 29 Tahun 2007 untuk Jakarta, bahwa pemerintah daerah berkewajiban melestarikan budya Betawi dan budaya lainnya di Jakarta," terangnya.
            Kegiatan ini dihadiri ribuan orang yang semuanya mengenakan baju khas Betawi. Sejumlah kesenian dipamerkan seperti ondel-ondel dan musik gambang kromong. Foke yang didampingi istrinya, Tatiek Fauzi Bowo, disambut Ketua bamus betawi Nachrowi Ramli.
            Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, H. Fauzi Bowo dengan menggunakan pakaian khas Betawi berwarna hitam-hitam menuturkan, Lebaran Betawi ini adalah hajatnya Bamus Betawi kerja sama dengan Pemrov DKI.
Dalam kesempatan tersebut Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke, mengatakan, saat ini warga Jakarta sudah cerdas dan membutuhkan bukti bukan hanya janji. Menurutnya setiap tahun angka kemiskinan di Jakarta terus turun tiap tahunnya.
"Secara statistik memang lebih banyak orang miskin di Jakarta . Tapi setiap tahun angka kemiskinan itu secara terus menerus menurun," kata Foke.
Masih dikatakan Foke, saat ini angka kemiskinan di Jakarta paling rendah di Indonesia . Index yang menunjukkan jurang pemisah antara orang kaya dan miskin jauh dari rata-rata.
Foke mengatakan, Jakarta saat ini merupakan provinsi nomor satu dalam bidang pendidikan berkualitas bagi warganya. Hal ini termasuk nomor satu dalam wajib belajar 12 tahun yang merupakan prioritas utama di Jakarta . Kata nya,
"Prioritas kedua kita di bidang kesehatan, dalam waktu tidak terlalu lama lagi seluruh Puskesmas di Jakarta akan memiliki standar internasional. Jadi kalau ada Saudara-saudara yang pergi umroh ke Arab dan pergi ke klinik di sana itu sama saja dengan Puskesmas di sini cuma bedanya di sana ngomongnya Arab," kata Foke disambut tawa hadirin.
Foke juga mengimbau masyarakat Betawi untuk bersatu.  Tapi saya yakin warga Betawi itu masih kompak, " terang Foke.
Dalam kesempatan tersebut Foke juga berpesan kepada agar warga berpartisipasi dalam putaran kedua Pemilukada DKI Jakarta, pada 20 September 2012 mendatang. (idris)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah