Headlines News :
Home » » KPK : Perekrutan Dilakukan oleh Lembaga Independen

KPK : Perekrutan Dilakukan oleh Lembaga Independen

Written By Metropost on Selasa, 18 September 2012 | 18.30

JAKARTA, MP - - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki standar khusus untuk merekrut pegawai maupun pejabat struktural setingkat Deputi dan Direktur KPK. Proses seleksi dilakukan lembaga independen.

"KPK itu punya standar untuk merekrut pejabat struktural. Kalau Direktur Penyidikan itu selalu dari Polri," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantornya, Jakarta, Selasa 18 September 2012.

Mengenai 14 perwira tinggi Polri yang tidak lolos tes di KPK, Johan meluruskan bahwa tidak seluruhnya perwira Polri itu ditolak. Menurutnya, untuk posisi lowong Deputi Penindakan sepeninggal Irjen Polisi Ade Raharja yang berasal dari Polri, kini posisi itu dijabat dari Kejaksaan, yaitu Warih Sadono.

Warih yang sebelumnya menjabat Direktur Penuntutan KPK menyisihkan satu orang calon dari Polri. Untuk posisi Deputi Penindakan ini, tambah Johan, bisa direkrut dari unsur Kejaksaan, Kepolisan dan BPKP.

Selanjutnya untuk posisi Direktur Penindakan, seluruhnya direkrut dari Polri. Posisi ini masih lowong setelah Brigjen Polisi Yurod Saleh dimutasi ke Mabes Polri. Kini, jabatan strategis itu sedang dalam proses seleksi lembaga independen.

"Direktur Penyidikan itu dari Polri. Jadi tidak benar kalau ada 14 ditolak, bukan ditolak. Dan itu (jumlahnya) bukan 14. Setahu saya calonnya (Polri) ada tiga-empat orang," ujar Johan.

Johan menambahkan, untuk kriteria calon pejabat struktural KPK seperti Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan, setidaknya memiliki pengetahuan penyidikan, integritas, dan kapabilitas.

Proses perekrutannya pun dilakukan oleh lembaga independen, bukan oleh KPK. "Ada beberapa kriteria-kriteria yang dipatok KPK untuk merekrut seseorang. Dan harus mempunyai standar yang sama," kata Johan.
Sebelumnya, Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Nanan Sukarna menyebut 14 perwira terbaik Polri ditolak KPK.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Kang Lintas | Lintas Daerah
Copyright © 2011. Metro Post - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kang Lintas
Proudly powered by Lintas Daerah